BPIW Lakukan Percepatan Pembangunan Anjungan Cerdas Inkubasi di Bendungan Tugu

Oleh: Layanan Informasi BPIW Rabu, 30 May 2017    |    02:05

Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan percepatan dalam melaksanakan pembangunan Anjungan Cerdas di Bendungan Tugu, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Demikian terungkap dalam kunjungan kerja (Kunker) rombongan BPIW yang dipimpin langsung Kepala BPIW Kementerian PUPR, Rido Matari Ichwan ke lokasi pembangunan Anjungan Cerdas di Bendungan Tugu, Senin (29/5). 

Hadir dalam rombongan Kunker BPIW tersebut, Kepala Pusat Pengembangan Kawasan Strategis, BPIW, Hadi Sucahyono, Kepala Bagian Hukum, Kerjasama dan Layanan Informasi, P Yudhantoro, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Anjungan Cerdas Bendungan Tugu, Fransisco berserta jajaran staf di lingkungan BPIW.

Rido berharap, pembangunan proyek Anjungan Cerdas di Bendungan Tugu dapat selesai sesuai waktu yang telah direncanakan. Ia menjelaskan, pada dasarnya Anjungan Cerdas merupakan rest area multifungsi di jalan nasional yang terintegrasi dengan berbagai fasilitas pendukung dan dikemas secara modern.

Fasilitas ini mulai dari tempat makan, pusat informasi, gerai traveler/ATM, ruang terbuka hijau, amphi teater, sarana edukasi, serta gerai produk lokal unggulan.

"Rambut Siwi dan Bendungan Tugu menjadi proyek percontohan (inkubasi,-red) pembangunan AC yang dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan perjalanan serta mengurangi kecelakaan lalu lintas pada jalan nasional," tambah Rido.

Selain itu, juga diharapkan menjadi gardu pandang pada berbagai infrastruktur PUPR berestetika tinggi dan keindahan lingkungan fisik sekitar yang diharapkan mampu menjadi tempat pariwisata baru.

Tempat istirahat multifungsi ini juga diharapkan menjadi lokasi pengenalan dan pemasaran berbagai produksi dan budaya lokal kepada pengguna jalan nasional.

Rido menerangkan, anjungan cerdas juga diharapkan dapat menjadi tempat yang efektif untuk memasarkan produk-produk lokal serta memperkenalkan kesenian masyarakat di anjungan cerdas tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Rido juga menekankan, bangunan anjungan cerdas wajib mengadopsi karakter dan kearifan lokal di kawasan sekitar.

Di tempat yang sama, Hadi Sucahyono berharap pengerjaan pembangunan anjungan cerdas di Bendungan Tugu mendapat berjalan cepat.

Ia berharap, pembangunan Anjungan Cerdas di Bendungan Tugu mendapat material yang tepat, proses manajemen konstruksi yang baik dan lainnya.

Sementara itu, Dedi Achyadi, Tim Manajemen Konstruksi Anjungan Cerdas Bendungan Tugu mengatakan, hingga saat ini pihaknya berupaya keras menyelesaikan sesuai target.

Dedi menjelaskan, saat ini pihaknya bersama tim penyedia jasa konstruksi telah merencanakan untuk melakukan konstruksi jalan di area anjungan cerdas. Hal itu dilakukan untuk menunjang percepatan terwujudnya pembangunan komponen Anjungan Cerdas di Bendungan Tugu.(ris/ind/infoBPIW)

Tinggalkan komentar

Berita Lainnya

World Bank Siap Duku...

Selama ini wisata Indonesia selalu identik denga...

BPIW Dorong Pemprov ...

  Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah...

Kementerian PUPR dan...

  Badan Pengembangan Infrastuktur Wilayah ...