Upaya Tarik Lebih Banyak Wisatawan, BPIW Dukung Akselerasi Penataan Kawasan Wisata Dieng

Layanan Informasi BPIW     |     12 Jun 2024     |     02:06     |     273
Upaya Tarik Lebih Banyak Wisatawan, BPIW Dukung Akselerasi Penataan Kawasan Wisata Dieng
Kepala BPIW Kementerian PUPR, Yudha Mediawan (dua dari kiri, pakai batik PUPR) saat peninjauan di Kawasan Dieng

Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong akselerasi penataan kawasan wisata Dieng di Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah.

Kepala BPIW, Yudha Mediawan mengatakan, penataan  kawasan  wisata di Provinsi Jateng, khususnya di Kawasan Dieng,  sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan amenitas wisata yang kemudian dapat meningkatkan  jumlah dan kualitas kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara. 

"Penataan dan pembangunan infrastruktur akan mengubah wajah Kawasan Dieng, sehingga akan lebih menarik wisatawan," ungkap Yudha saat melakukan kunjungan lapangan di kawasan wisata Dieng, Provinsi Jateng, Rabu, 12 Juni 2024.

Ia meyakini, penataan kawasan wisata akan mampu menarik wisatawan untuk berkunjung, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Menurutnya, penataan tersebut juga untuk memberikan pelayanan yang lebih baik bagi para pengunjung yang datang. 

Lokasi penanganan kawasan wisata Dieng yang tengah dilakukan Kementerian PUPR, meliputi penataan kompleks wisata Candi Arjuna dan kawasan Sikidang di Banjarnegara serta kawasan Telaga Warna, Bukit Sikunir, dan kawasan Sikidang di Wonosobo. 

Lingkup pekerjaan setiap kawasan wisata rata-rata meliputi renovasi bangunan utama, pembangunan kantor pengelola, pembangunan mushola, gudang, dan ruang tiket, ruang informasi, penataan area camping ground, penataan kios pedagang, hingga area parkir. 

Ia juga berpesan, pada pelaksanaan pembangunan infrastruktur kawasan wisata Dieng harus dilakukan dengan penuh ketelitian dan detail yang mengedepankan kualitas artistik dengan memaksimalkan potensi lokal dan segala kekayaan alamnya. Penataan kawasan Dieng di beberapa lokasi membutuhkan tata kelola  yang lebih profesional agar manfaat dapat dinikmati lebih lama dan berkelanjutan, dengan kolaborasi pemangku kepentingan yang sinergis, efisien dan efektif terutama terkait pembiayaan pengelolaan.

Salah seorang wisatawan domestik, Heri Heryadi mengakui, kawasan wisata Dieng secara alami sudah indah, sehingga setelah ada penataan akan semakin membuat wisatawan nyaman dan mudah dalam menikmati keindahan di dataran tinggi Dieng.

Ia berharap, penataan kawasan wisata Dieng semakin menjadikan wajah Dieng makin elok. Turut hadir dalam kunjungan lapangan ini, Sekretaris BPIW, Benny Hermawan, Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur Wilayah Nasional (Kapusnas) BPIW, Zevi Azzaino, dan Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur PUPR Wilayah (Kapuswil) II BPIW, Melva Eryani Marpaung. (Ris/Tiara)

 

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: