Temui Kepala BPIW, Wali Kota Tanjungbalai Diskusikan Dukungan Infrastruktur PUPR

Layanan Informasi BPIW     |     18 Jan 2023     |     04:01     |     3545
Temui Kepala BPIW, Wali Kota Tanjungbalai Diskusikan Dukungan Infrastruktur PUPR
Kepala BPIW Kementerian PUPR Rachman Arief Dienaputra (kiri) sedang berdiskusi dengan dengan Wali Kota Tanjungbalai, Waris Tholib

Kepala BPIW Kementerian PUPR Rachman Arief Dienaputra menerima kunjungan kerja (kunker) Wali Kota Tanjungbalai Sumatera Utara, Waris Tholib di ruang rapat lantai 2 kantor BPIW di Jakarta Selatan, Rabu, 18 Januari 2023. Dalam kunker tersebut Waris mendiskusikan dukungan infrastruktur PUPR yang dibutuhkan dalam pengembangan Kota Tanjungbalai.

 

Beberapa hal yang disampaikan mengenai Kota Tanjungbalai, salah satu kota tua di Provinsi Sumatera Utara, yang berada di muara Sungai Asahan, memiliki fasilitas penting seperti Pelabuhan Pengumpul Teluk Nibung dan Stasiun Kereta Api, serta potensi pengembangan pada sektor perikanan.

Kemudian rencana pembangunan Long River Tabayang yang diharapkan dapat mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba. Konsep perencanaan kawasan Long River Tabayang yakni modernisasi tata ruang dan tata bangunan kawasan, kearifan lokal sebagai ruh kawasan dan level up budaya lokal, dan potensi lingkungan dan sumber daya air (SDA) sebagai aktivitas rekreasional. “Dukungan untuk long river ini kami harapkan, setidaknya berupa pembangunan jalan menuju long river dan pengerukan pasir untuk mengurangi sedimentasi pasir yang ada di sungai,” ujarnya.

Rachman Arief Dienaputra selaku Kepala BPIW menegaskan pihaknya akan membantu menyelesaikan masalah di daerah tersebut dengan mengirim tim ke lapangan. “Nantinya akan dilakukan kajian mengenai pengembangan Kota Tanjung Balai, termasuk pengecekan ke lapangan terkait beberapa hal, seperti kondisi jalan nasional dan kemudian sungainya seperti apa,” ujarnya. Dari hasil pengamatan di lapangan, maka dapat diketahui secara jelas potensi dan permasalahan wilayah, serta rumusan kebutuhan pengembangan infrastruktur wilayah.

 

Turut hadir mendampingi Kepala BPIW dalam pertemuan tersebut yakni Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur PUPR Wilayah II, Melva Eryani Marpaung, Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Wilayah I.A, Hasna Widiastuti. (Hen/Tiara/infobpiw)

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: