Konreg 2024 Hari Pertama, Sinkronisasi Infrastruktur 14 Provinsi

Layanan Informasi BPIW     |     18 Mar 2024     |     03:03     |     218
Konreg 2024 Hari Pertama, Sinkronisasi Infrastruktur 14 Provinsi
Kepala Pusat Pengembangan Wilayah Nasional (Kapusnas) BPIW, Zevi Azzaino (berdiri) saat meninjau pelaksanaan Desk Konreg

Dalam rangka penyusunan program dan kegiatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tahun Anggaran 2025, Kementerian PUPR menggelar kegiatan rapat Desk Konsultasi Regional (Konreg) Tahun 2024 di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, pada Senin-Rabu, 18 hingga 20 Maret 2024. Kegiatan ini juga dilakukan secara online.

Konreg Tahun 2024 diikuti oleh jajaran direktorat sistem dan strategi, direktorat teknis seluruh Unit Organisasi (Unor) di lingkungan Kementerian PUPR, perwakilan provinsi yang terdiri dari Bappeda  dan dinas-dinas teknis terkait yang turut menghadiri kegiatan secara daring.

Rangkaian Konreg Kemententerian PUPR diketahui sudah memasuki tahapan usulan daerah yang pada hari pertama, Senin, 18 Maret 2024 dilaksanakan pembahasan dalam 14 Desk Konreg terhadap 14 Provinsi.

Desk 1 Konreg dengan pembahasan Provinsi Aceh dan Kepulauan Riau dimoderatori oleh Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Wilayah I A BPIW, Hasna Widiastuti. Desk 2 Konreg dengan pembahasan Provinsi Jambi dan Bengkulu dimoderatori Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Wilayah I B BPIW, Sosilawati.

Desk 3 Konreg yakni Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah dimoderatori oleh Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Wilayah I C BPIW, Zaldy Sastra. Kemudian Desk 4 Konreg dengan pembahasan Provinsi Banten dan DKI Jakarta dimoderatori oleh Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Wilayah II A BPIW, Entatarina Simanjuntak. 

Desk 5 Konreg yakni Provinsi Bali dan Nusa Tenggara Barat oleh Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Wilayah II B BPIW, Allien Dyah Lestary, dan Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Wilayah II.C BPIW, Erwin Adhi Setyadhi. 

Desk 6 Konreg yakni Provinsi Sulawesi Utara dan Gorontalo oleh Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Wilayah III A BPIW,  Riska Rahmadia. Desk 7 Konreg yakni Papua Barat dan Papua Barat Daya oleh Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Wilayah III B BPIW,  Sukamto, dan Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Wilayah III C BPIW, Andie Pramudita. 

Dalam tiap-tiap Desk Konreg diputar video terkait Konreg 2024 yang disampaikan oleh Kepala BPIW, Yudha Mediawan kepada seluruh peserta.

“Pemerintah daerah perlu memenuhi readiness criteria yang menjadi komitmen daerah seperti kesiapan lahan selambat-lambatnya tahun 2024 agar konstruksi dapat dilaksanakan  di tahun 2025,” pesannya.

Yudha menambahkan  jika diperlukannya sinkronisasi kegiatan infrastruktur PUPR Tahun Anggaran 2025 dengan pembangunan infrastruktur provinsi dan Kabupaten/Kota.

“BPIW bersama Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR akan mengawal hasil Konreg mulai dari pagu indikatif hingga penyiapan Renja-K/L dan RKA-K/L,” imbuhnya.

Kegiatan Desk Konreg pada hari pertama dihadiri oleh Kepala Pusat Pengembangan Wilayah Nasional (Kapusnas) BPIW, Zevi Azzaino untuk memantau jalannya desk Konreg yang sedang berlangsung.

Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur PUPR Wilayah (Kapuswil) I BPIW, Boby Ali Azhari, Kapuswil II BPIW, Melva Eryani Marpaung, Kapuswil III BPIW, Pranoto serta jajaran pejabat administrator dan pegawai di lingkungan BPIW juga turut hadir dalam kegiatan tersebut. (Fira/Tiara)

 

 

 

 

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: