Konreg 2024 Hari Kedua, Perdalam Pembahasan Program Infrastruktur PUPR

Layanan Informasi BPIW     |     19 Mar 2024     |     03:03     |     169
Konreg 2024 Hari Kedua, Perdalam Pembahasan Program Infrastruktur PUPR
Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur PUPR Wilayah III BPIW, Pranoto (kiri) saat memberikan arahan

Rapat desk pembahasan infrastruktur PUPR pada Konsultasi Regional (Konreg) 2024 yang dilaksanakan di Tangerang, Provinsi Banten, memasuki hari kedua, Selasa, 19 Maret 2024. Konreg yang digelar secara hybrid ini kembali membahas usulan program infrastruktur melalui tujuh desk untuk 14 provinsi.

Diketahui desk 1 yang dimoderatori oleh Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur  PUPR Wilayah I BPIW, Boby Ali Azhari, didampingi Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Wilayah I.A, Hasna Widiastuti membahas program infrastruktur untuk Provinsi Riau pada sesi I dan Provinsi Sumatera Barat pada sesi II. Kemudian desk 2 yang dimoderatori oleh Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Wilayah I.B, Sosilawati membahas program infrastruktur untuk Provinsi Lampung yang memfokuskan pada kurangnya sumber air baku dan bencana banjir yang hampir terjadi di seluruh wilayah Kabupaten Kota/Provinsi Lampung pada sesi I dan membahas program infrastruktur untuk Provinsi Kep. Bangka Belitung pada sesi II.

Selanjutnya desk 3 yang dimoderatori oleh Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Wilayah I.C, Zaldy Sastra membahas program infrastruktur Kalimantan Utara yang salah satunya terkait Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di provinsi tersebut pada sesi I dan Provinsi Kalimantan Selatan pada sesi II. Desk 4 yang dimoderatori oleh Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Wilayah II.A, Entatarina Simanjuntak membahas program infrastruktur Provinsi Jawa Barat yang meliputi pembebasan lahan dan penanganan banjir di provinsi tersebut pada sesi I dan membahas program infrastruktur Provinsi Jawa Tengah pada sesi II.

Desk 5 yang dimoderatori oleh Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Wilayah II.C, Erwin Adhi Setyadhi membahas program infrastruktur Provinsi Nusa Tenggara Timur pada sesi I dan Provinsi Maluku pada sesi II dengan moderator Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Wilayah III.B, Sukamto. Kemudian desk 6 yang dimoderatori oleh Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Wilayah III.A, Riska Rahmadia membahas program infrastruktur Provinsi Sulawesi Tengah pada sesi I dan Provinsi Sulawesi Tenggara pada sesi II. 

Selanjutnya, pada desk 7 yang merupakan desk terakhir dimoderatori oleh Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur PUPR Wilayah III.BPIW, Pranoto didampingi Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Wilayah III.C,  Andie Pramudita yang membahas program infrastruktur Provinsi Papua pada sesi I dan Papua Pegunungan pada sesi II. Pada kesempatan tersebut, Pranoto kembali mengingatkan seluruh peserta Konreg di desk 7 untuk memperhatikan pesan Kepala BPIW, Yudha Mediawan pada pembukaan Konreg 2024.

“Target utama Konreg 2024 meliputi infrastruktur jangka panjang dan jangka menengah yang harus dipenuhi Kementerian PUPR. Diantaranya, kapasitas tampung air sebesar 200 m3/kapita/tahun, waktu tempuh lintas utama menjadi 1,25 jam/100 km, 70% jumlah rumah tangga dengan akses sanitasi aman, 90% timbunan sampah terolah di fasilitas pengolahan sampah, 100% akses rumah tangga perkotaan terhadap air siap minum perpipaan, serta 100% rumah tangga dengan akses hunian layak, terjangkau, dan berkelanjutan,” ujar Pranoto.  (Fir/Tiara)

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: