Kepala BPIW Tinjau Kolaborasi Program Infrastruktur PUPR di Papua Barat

Layanan Informasi BPIW     |     14 Oct 2021     |     04:10     |     111
Kepala BPIW Tinjau Kolaborasi Program Infrastruktur PUPR di Papua Barat
Foto Kepala BPIW Tinjau Kolaborasi Program Infrastruktur PUPR di Papua Barat

Kepala BPIW Kementerian PUPR Rachman Arief Dienaputra dan tim melakukan tinjuan pembangunan infrastruktur di Manokwari, Papua Barat, Rabu, 13 Oktober 2021. Peninjauan ini bertujuan untuk mengecek secara langsung kolaborasi pembangunan infrastruktur bidang PUPR. Salah satu daerah yang dikunjungi adalah Desa Soribo.

Ia meninjau pelaksanaan program Ditjen Perumahan terkait rumah khusus dan program penyediaan air bersih dan sanitasi dari Ditjen Cipta Karya melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Papua Barat.

Tinjauan dilakukan juga terkait kegiatan padat karya program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) dan kegiatan Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Manokwari yang dilaksanakan BPPW Papua Barat di Kampung Sunsweni.

Rachman juga meninjau Kampung Eggwam di Manokwari Barat terkait sarana permukiman seperti air bersih dan sanitasi, jalan, dan perumahan. Ia juga meninjau kegiatan infrastruktur Balai Penyediaan Perumahan di Kampung Anday dan Kampung Doput Distrik Manokwari Selatan Kabupaten Manokwari.

Selanjutnya, tinjauan lapangan dilakukan terkait  infrastruktur yang dibangun oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) dan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah XVII Papua Barat. Ia  juga melakukan dialog dengan masyarakat setempat. Dari dialog singkat dengan beberapa warga tersebut diketahui bahwa mereka merasa senang dan terbantu dengan program-program Kementerian PUPR.

Dari tinjauan tersebut menurut Rachman pihaknya ingin memastikan bahwa program-program pembangunan infrastruktur PUPR telah tepat dan bermanfaat bagi masyarakat. “Kedepan, perlu integrasikan lagi antara program-program Kementerian PUPR agar lebih optimal lagi untuk membantu masyarakat di Papua,” tuturnya.

Setelah infrastruktur dibangun menurut Rachman yang tidak kalah penting adalah upaya bersama masyarakat dan pemerintah daerah untuk menjaga dan memelihara infrastruktur yang sudah dibangun agar lebih awet dan bermanfaat bagi masyarakat.  

Turut mendampingi Kepala BPIW pada peninjauan infrastruktur tersebut antara lain Kepala Balai PPW Papua Barat Marsudi, Kepala BPJN Wilayah XVII Papua Barat Mauluddin Said Latar, dan Kepala BWS Papua Barat Wempy Nauw.

Sedangkan tim dari BPIW  yang ikut peninjuan antara lain Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur Wilayah I Hari Suko Setiono, Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Wilayah III.C Doedoeng Zenal Arifin dan Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Wilayah I.A Melva Eryani Marpaung. (Hen/infobpiw)

 

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: