Kepala BPIW Laporkan 21 Kawasan Hasil Rakorbangwil Jadi Dasar Pembahasan di Konreg

Layanan Informasi BPIW     |     13 Feb 2023     |     08:02     |     5141
Kepala BPIW Laporkan 21 Kawasan Hasil Rakorbangwil Jadi Dasar Pembahasan di Konreg
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono saat membuka Konsultasi Regional (Konreg) Kementerian PUPR 2024 di Auditorium PUPR, Jakarta, Senin 12 Februari 2023

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menekankan tiga hal pokok saat membuka Konsultasi Regional (Konreg) Kementerian PUPR 2024 di Auditorium PUPR, Jakarta, Senin 12 Februari 2023.

"Tiga hal, yang pertama pembangunan baru harus merupakan direktif Presiden dan selesai pada semester I tahun 2024. Kedua, mulai tahun ini ada Instruksi Presiden (Inpres,-red) terkait jalan daerah," terang Menteri Basuki.

Menurutnya, Inpres tersebut lahir bertujuan untuk menyambungkan jalan-jalan dari sentra perkebunan, pariwisata, industri dsn produksi lainnya yang ada di daerah menuju jalan nasional atau masuk dalam tol. "Ketiga adalah dilarang import," terangnya. Ia menyatakan, segala material kebutuhan pembangunan memanfaatkan barang produksi dalam negeri.

Kepala BPIW, Rachman Arief Dienaputra melaporkan, desk Rakorbangwil Oktober 2022 lalu telah menyepakati 21 kawasan prioritas yang tersebar di 14 provinsi. Fokus dukungan infrastruktur bersifat pembangunan baru yang sangat selektif, mendukung keberfungsian dan penyelesaian masalah kawasan.

Arief berharap, Unor Teknis Kementerian PUPR agar dapat memastikan readiness criteria untuk kegiatan yang menjadi kewenangan pusat. Kemudian, pemerintah daerah dapat memenuhi readiness criteria yang menjadi komitmen daerah seperti kesiapan lahan. “Selambat-lambatnya tahun 2023 agar konstruksi dapat dilaksanakan dan selesai di tahun 2024,” tegasnya.

Ia melanjutkan, BPIW bersama Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR akan melakukan monitoring secara berkala terhadap pemenuhan hasil Rakorbangwil, yaitu dalam Konreg, Rencana Kerja Kementerian/Lembaga (Renja-K/L), dan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-K/L).

Di tempat yang sama, Kepala Biro Perencanaan Anggaran dan Kerja Sama Luar Negeri, Kementerian PUPR, Edy Juharsyah melaporkan, pembukaan Konreg 2024 diikuti 94 peserta yang hadir langsung ke auditorium PUPR, serta 700 peserta yang mengikuti secara dalam jaring (daring).

Ia juga menerangkan, tahapan Konreg PUPR ada 4, yakni pembukaan, usulan daerah, pembahasan serta penutup atau pelaporan hasil Konreg 2024.(ris/tiara)

 

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: