BPIW Lakukan Validasi Lapangan Untuk Bahan Konsultasi Regional

Layanan Informasi BPIW     |     27 Jan 2023     |     04:01     |     7639
BPIW Lakukan Validasi Lapangan Untuk Bahan Konsultasi Regional
Kepala BPIW Rachman Arief Dienaputra saat memimpin breakfast meeting terkait rencana validasi lapangan untuk Konreg lapangan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menggelar Konsultasi Regional (Konreg) pada minggu kedua Februari 2023. Sehubungan dengan hal, itu Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) akan melakukan validasi lapangan untuk bahan konreg tersebut. Pembahasan hal itu digelar melalui breakfast meeting yang diadakan di ruang rapat lantai 2 BPIW, Jumat, 27 Januari 2023. 

Saat memimpin rapat tersebut Kepala BPIW Rachman Arief Dienaputra mengatakan untuk menghadapi konreg itu, BPIW harus mendukung pelaksanaan konreg dengan melakukan validasi data lapangan.” Validasi dilakukan di 21 lokus yang menjadi proritas dengan 68 program,” tuturnya.

Validasi lapangan merupakan tahap kedua menuju pelaksanaan Konreg. Sebelum validasi lapangan, BPIW telah melaksanakan tahapan pertama berupa penajaman  Rapat Koordinasi Keterpaduan Pembangunan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah (Rakorbangwil). Setelah validasi lapangan dilakukan tahap ketiga berupa Konsolidasi Hasil Validasi Lapangan ke Sistem Informasi Pemrograman (SIPro). 

Dilanjutkan dengan tahap keempat yakni Sinkronisasi Hasil Rakorbangwil ke Sistem Informasi Konsultasi Regional (SIKONREG). Dilanjutkan dengan tahap kelima yakni Kick-off Konreg 2023. Pada tahap keenam dilakukan Input dan Penajaman di SIKONREG.Tahap terakhir atau tahap keenam dilakukna rapat Desk Konreg. 

Lebih lanjut Arief  menyatakan bahwa validasi dilakukan melalui survei. Jangka waktu pelaksanaan survei menurutnya dilakukan secara realistis atau disesuaikan dengan lokasi. “Misalnya survei dllakukan selama dua hari, namun ternyata secara realistis itu tidak mungkin dilakukan dua hari. Nanti saya minta Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur Wilayah Nasional (Kapusnas) melakukan justifikasi potensi-potensi waktu yang diperlukan, untuk melakukan survei pada lokus-lokus tersebut,” ucapnya.

Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur Wilayah Nasional (Kapusnas), Zevi Azzaino menambahkan jadwal validasi lapangan telah disusun dan direncanakan 14 provinsi  kawasan prioritas yang akan divalidasi. 

Kegiatan ini diikuti Sekretaris BPIW, Benny Hermawan,  Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur PUPR Wilayah I, Hari Suko Setiono,  Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur PUPR Wilayah II, Melva Eryani Marpaung, dan Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur PUPR Wilayah III, Manggas Rudy Siahaan. Turut menghadiri rapat yakni seluruh Pejabat Administrator di lingkungan BPIW. (Hen/Tiara/infobpiw)

 

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: