Generasi Muda BPIW Sharing Ilmu Terkait Web Scraping Data Google Map

Layanan Informasi BPIW     |     08 Mar 2023     |     01:03     |     2355
Generasi Muda BPIW Sharing Ilmu Terkait Web Scraping Data Google Map
BPIW Muda pada Bagian Hukum, Kerjasama, dan Komunikasi Publik mengisi 15 minutes sharing session bertajuk

Guna menambah pengetahuan praktis, salah satu BPIW Muda pada Bagian Hukum, Kerjasama, dan Komunikasi Publik mengisi 15 minutes sharing session bertajuk "Implementasi Web Scraping Data Google Map" yang digelar secara online, akhir pekan lalu, di Jakarta.

Web scraping, web harvesting, atau web data extraction adalah pengikisan data yang digunakan untuk mengekstraksi data dari situs web. Didampingi Sub Koordinator Pelaksana Tugas Data dan Informasi (Datin) BPIW, Rika, salah satu tim Datin, Nabiilatul Arifah menjelaskan langkah-langkah sederhana yang dilakukan pada proses web scraping pada World Wide Web tersebut.

Dikatakannya bahwa Metode Web Scraping dapat dilakukan secara manual dan otomatis. Bila secara manual, maka pengambilan data dengan menyalin data langsung (copy paste) dari sebuah situs. Sedangkan metode otomatis dilakukan dengan menggunakan koding, aplikasi, atau extension browser. 

Pada kesempatan itu juga dijelaskan mengenai beberapa extension yang dapat dimanfaatkan untuk metode tersebut, antara lain Instant Data Scraper yang merupakan extension dari browser Google Chrome untuk mengekstrak data web pages HTML dan mengekspor dalam bentuk excel maupun CSV. Salah satu implementasi penggunaannya yaitu scraping pada data sebaran lokasi di Google Maps, dimana data tersebut akan terunduh dalam format tabel. Extension lain yang dapat digunakan adalah Geocode yang berfungsi untuk mengenali alamat dan mengubahnya menjadi data koordinat

Rika, berharap sharing informasi ini dapat mempermudah pelaksanaan analisis maupun pengolahan data yang berhubungan dengan pengembangan wilayah. Kegiatan ini diikuti semua generasi BPIW baik dari sekretariat maupun pusat-pusat, yakni Pusat Pengembangan Infrastruktur Wilayah Nasional (Pusnas), Pusat Pengembangan Infrastruktur PUPR Wilayah I hingga III. Semoga kedepannya kegiatan ini dapat berlanjut menjadi sesi berbagi informasi dan pengetahuan untuk mendukung output BPIW.(Ris/Hen/Tiara)

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: