Eksplorasi Teknologi Big Data, Guna Hasilkan Perencanaan yang Lebih Efisien

Layanan Informasi BPIW     |     26 Mar 2021     |     04:03     |     4613
Eksplorasi Teknologi Big Data, Guna Hasilkan Perencanaan yang Lebih Efisien

 

Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) memiliki tugas dan fungsi yang luas mulai dari penyusunan kebijakan, perencanaan, pemrograman, pemantauan, evaluasi dan tugas lainnya sesuai amanat Permen PUPR No. 13/PRT/M/2020.  Dengan tugas yang luas tersebut, BPIW perlu didukung dengan data dan informasi yang memadai salah satunya dengan pemanfaatan teknologi Big Data guna menghasilkan perencanaan dan pemrograman infrastruktur PUPR yang terpadu.

 

Demikian diungkapkan Kepala BPIW Kementerian PUPR, Hadi Sucahyono saat membuka dan menyampaikan arahan pada kegiatan "Pembahasan Konsep Penerapan Big Data dalam Pengembangan Infrastruktur Wilayah" melalui video conference (vicon) di Jakarta, Kamis 25 Maret 2021.  

 

Hadi menerangkan, Big Data merupakan teknologi yang memungkinan proses pengolahan data yang besar dalam waktu yang lebih cepat sehingga bisa mendapatkan informasi yang mendalam dan dapat digunakan untuk membantu proses pengambilan kebijakan pimpinan.

 

Menurutnya, ada beberapa tantangan dalam pemanfaatan Big Data, salah satunya data di bidang pengembangan infrastruktur wilayah berukuran sangat besar, dengan format data yang beraneka ragam, serta pertumbuhan data sangat cepat sehingga perlu dituangkan dalam bentuk database yang terstruktur dan diolah dalam sistem informasi.

 

Kegiatan ini turut mengundang narasumber dari Direktorat Tata Ruang dan Penanganan Bencana Kementerian PPN/Bappenas yang menyampaikan materi terkait Satu Data Indonesia (SDI) serta pemanfaatan Big Data di Kementerian PPN/Bappenas. Selain itu turut hadir narasumber dari Pulse Lab Jakarta sebagai laboratorium inovasi yang didirikan oleh Pemerintah Indonesia (Kementerian PPN/Bappenas) dengan PBB (UN Global Pulse), bertujuan mengatasi kesenjangan informasi di sektor pembangunan dan kemanusiaan melalui adaptasi big data, analisis real time serta kecerdasan buatan.

 

Penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan serta best practice khususnya bagi Tim Data dan Teknologi Informasi serta Studio Peta yang telah dibentuk melalui SK Kepala BPIW agar dapat mengoptimalkan potensi pemanfaatan Big Data dalam pengembangan infrastruktur wilayah (ris/datin/infoBPIW)

 

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: