Dukung Pengembangan Kota-Kota Khas, BPIW-PII Sepakat Tingkatkan Kolaborasi

Layanan Informasi BPIW     |     25 May 2023     |     04:05     |     5659
Dukung Pengembangan Kota-Kota Khas, BPIW-PII Sepakat Tingkatkan Kolaborasi
Kepala BPIW, Rachman Arief Dienaputra saat memberikan sambutan dalam Pertemuan Perwakilan BPIW dengan PII terkait Pelaksanaan Deklarasi Balikpapan" di Jakarta, Rabu 24 Mei 2023.

Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) sepakat untuk semakin meningkatkan kolaborasi. Salah satunya untuk bersinergi dalam pengembangan kota-kota yang khas sesuai potensi dan karakteristiknya. Demikian diketahui pada "Pertemuan Perwakilan BPIW dengan PII terkait Pelaksanaan Deklarasi Balikpapan" di Jakarta, Rabu 24 Mei 2023.

Kepala BPIW, Rachman Arief Dienaputra menyatakan, menyambut baik pertemuan BPIW dengan PII. Menurutnya, kolabarasi BPIW-PII dapat mendatangkan hal positif terkait perencanaan pengembangan infrastruktur wilayah. "Salah satunya untuk mewujudkan upaya pengembangan kota-kota di Tanah Air yang khas sesuai potensi dan karakteristiknya," terang Arief.

Ia mengakui, dalam pertemuan tersebut segaja mengundang jajaran pejabat tinggi pratama BPIW, agar setiap pusat dapat menangkap dan melakukan kolaborasi dengan PII sesuai dengan isu yang ada di wilayah masing-masing.

Di tempat sama sebelumnya, Ketua Badan Kejuruan Teknik Kewilayahan dan Perkotaan (BK TKP) PII, Lana Winayanti menjelaskan, Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) PII di Balikpapan, Kalimantan Timur pada 20-22 Januari 2023 lalu menghasilkan 7 kesepakatan atau yang dikenal dengan Deklarasi Balikpapan PII.

"Salah satu point dari deklarasi itu, sejalan dengan misi yang diemban BPIW, yakni membuatkan rancangan detail pembangunan dan pengembangan kota-kota di Indonesia, PII mendukung pembangunan kota yang khas sesuai potensi dan karakteristiknya, juga kota yang nyaman dan berkelanjutan untuk semua warganya," paparnya.

Lana menilai, pelaksanaan point persebut akan dapat cepat terwujud apabila banyak pihak-pihak yang berperan. "Misalnya selain PII, ada BPIW, Bappenas atau swasta," terangnya. Ia menyampaikan, untuk kegiatan teknisnya kedepan PII akan selalu berkoordinasi dengan BPIW.

Sosok ibu yang juga pernah menjabat Plt. Kepala BPIW ini berharap, kolaborasi banyak pihak tersebut dapat berdampak nyata dalam pengembangan di Kota-Kota Indonesia.

Hadir dalam pertemuan tersebut dari jajaran BPIW, yakni Sekretaris BPIW, Benny Hermawan, Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur Nasional, Zevi Azzaino, Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur PUPR Wilayah (Puswil) I BPIW, Boby Ali Azhari, Kepala Puswil II BPIW, Melva Eryani Marpaung, Kepala Puswil III BPIW, Abram Elsajaya Barus serta jajaran staf. Selain itu, hadir juga dari jajaran PII.(Ris/Tiara)

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: