BPIW Siap Menggelar Rakorbangwil Bidang PUPR 2021 untuk Arahan Program Pembangunan Infrastruktur PUPR 2023

Layanan Informasi BPIW     |     21 Oct 2021     |     03:10     |     5091
BPIW Siap Menggelar Rakorbangwil Bidang PUPR 2021 untuk Arahan Program Pembangunan Infrastruktur PUPR 2023

BPIW Kementerian PUPR memastikan siap menggelar Rapat Koordinasi Keterpaduan Pembangunan Infrastruktur Wilayah (Rakorbangwil) Bidang PUPR 2021. Pelaksanaan proses Rakorbangwil 2021 akan dilaksanakan mulai bulan Oktober hingga akhir 2021.

 

Demikian terungkap dalam Rapat Pembahasan Konsep Penyelenggaraan Rakorbangwil Kementerian PUPR 2022 di Jakarta, Selasa, 19 Oktober 2021.

 

Kepala BPIW Kementerian PUPR, Rachman Arief Dienaputra mengungkapkan, kegiatan Rakorbangwil akhir tahun 2021 memiliki peranan penting untuk menyepakati program-program usulan tahun 2023 di Kementerian PUPR.

 

Hal senada dipaparkan Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur Wilayah Nasional (Pusnas) BPIW, Benny Hermawan. Ia mengatakan, pelaksanaan Rakorbangwil bertujuan menjadi wadah sinkronisasi dan koordinasi rencana pengembangan infrastruktur PUPR yang selaras dengan pengembangan wilayah nasional dan regional.

 

Lebih lanjut, ungkap Benny, pada Rakorbangwil akan membahas input dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, serta Rencana Strategis PUPR 2020-2024. "Termasuk dari Master Plan dan Development Plan (MPDP) atau Rencana Pengembangan Infrastruktur Wilayah (RPIW) serta hasil analisis penetapan prioritas kawasan yang ditetapkan tahun 2021 oleh BPIW," terangnya.

 

Ia juga menjelaskan, output dari Rakorbangwil akan muncul kawasan strategis prioritas yang akan dikembangkan, kebutuhan infrastruktur serta arahan program prioritas 2023. Benny menerangkan, untuk peserta Rakorbangwil adalah perwakilan Unor di Kementerian PUPR serta kementerian/lembaga lain. Ia memaparkan, kementerian/lembaga lain itu yakni perwakilan dari Kementerian ATR/BPN, Kemenko Perekonomian, Kementerian PPN/Bappenas, Bappeda Provinsi.

 

"Termasuk Kementerian Pertanian, Kementerian Pertahanan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Kesehatan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi serta Kementerian Sosial," ungkapnya.

 

Ia menjelaskan, proses awal Rakorbangwil akan dilaksanakan berupa Rapat Koordinasi BPIW. "Rakor internal BPIW ini telah disepakati untuk dilaksanakan di Bandung, pada 21-22 Oktober. Rakor BPIW dengan Unor teknis di Kementerian  PUPR pada pekan terakhir Oktober 2021," terangnya. Benny menegaskan, untuk Rakorbangwil yang melibatkan Kementerian dan Lembaga lain diharapkan terlaksana pada awal November hingga awal pekan Desember 2021.

 

Rapat Pembahasan Konsep Penyelenggaraan Rakorbangwil Bidang PUPR pada akhir tahun 2021 ini, dihadiri juga oleh Sekretaris BPIW, Iwan Nurwanto, Kapuswil I BPIW, Hari Suko Setiono, Kapuswil II, Kuswardono, Kapuswil III BPIW, M Rudy Siahaan serta para pejabat eselon III dan staf BPIW.(Ris/infoBPIW)

 

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: