BPIW Percepat Pelaksanaan ITDP

Layanan Informasi BPIW     |     07 Oct 2021     |     09:10     |     51
BPIW Percepat Pelaksanaan ITDP
Foto BPIW Percepat Pelaksanaan ITDP

Pemerintah saat ini sedang melaksanakan pembangunan di segala bidang, salah satunya dari sektor pariwisata. Salah satu upaya Pengembangan pariwisata dilakukan melalui program Indonesia Tourism Development Project (ITDP) yang didukung Kerja Sama Bank Dunia. Kementerian PUPR melalui Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) menjadi executing agency dalam implementasi program ITDP tersebut.  

 

Kepala BPIW Kementerian PUPR Rachman Arief Dienaputra menyampaikan bahwa saat ini BPIW meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan berbagai pihak yang terlibat dalam rangka percepatan pelaksanaan ITDP, salah satunya dengan Ditjen Cipta Karya. Hal itu ditegaskan saat memimpin rapat Pembahasan Annual Work Plan (AWP) ITDP Loan Bidang Cipta Karya, di ruang rapat BPIW, Jakarta Selatan, Rabu, 6 Oktober 2021. 

 

“Dengan action plan yang jelas, kita bisa mengeksekusi loan ini supaya kita lebih cepat dalam mengerjakan ITDP ini,” tuturnya. Salah satu yang dapat dilakukan dalam mempercepat pelaksanaan ITDP menurut Rachman dengan mempercepat pelaksanaan proyek-proyek fisik. 

 

Direktur Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Infrastruktur Permukiman Ditjen Cipta Karya Pandu Gunadi Atmosukarto menambahkan PMU Cipta Karya sudah mengidentifikasikan subproject prioritas yang akan didorong dalam pengembangan enam Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) di seluruh Indonesia. untuk AWP I dan II dengan anggaran yang diusulkan mencapai 109 juta dolar. “Kami juga menyiapkan beberapa kegiatan di stok program. Kami akan mengidentifikasikan readiness criteria -nya,” tuturnya. 

Subproject prioritas tersebut menitikberatkan pada aspek penyediaan dan peningkatan amenitas untuk kawasan pariwisata, dimulai dari sektor air bersih, persampahan dan limbah, hingga penataan kawasan. 

Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur PUPR Wilayah II Kuswardono menyampaikan bahwa subproject yang diusulkan juga akan dilakukan evaluasi kesesuaian khususnya terkait dokumen readiness criteria serta lokasi dan cakupan kawasan yang akan dilayani. 

Kegiatan ini dihadiri Ahli Menteri PUPR Bidang Keterpaduan Pembangunan Achmad Gani Ghazaly Akman selaku Ketua CPMU Program Pengembangan Pariwisata Terpadu Berkelanjutan (P3TB), Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur PUPR Wilayah I Hari Suko Setiono dan Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur PUPR Wilayah III Manggas Rudy Siahaan. Pejabat Administrator BPIW yang hadir seperti Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Wilayah I.A Melva Eryani Marpaung dan Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Wilayah II .C Bernadi Haryawan. (Hen/infobpiw)

 

 

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: