BPIW Muda Sharing Knowledge tentang “Explore Data Patterns Using Space-Time Pattern Mining”

Layanan Informasi BPIW     |     06 Apr 2023     |     03:04     |     5426
BPIW Muda Sharing Knowledge tentang “Explore Data Patterns Using Space-Time Pattern Mining”
Pelaksanaan sharing knowledge BPIW Muda melalui virtual

BPIW Muda Kementerian PUPR melalui Bagian Hukum, Kerja Sama, dan Komunikasi Publik (HKKompu) kembali menggelar sharing knowledge, pada Kamis,  6 April 2023 secara virtual. 

Subkoordinator Pelaksana Tugas Data dan Informasi, Rikawati menjelaskan sharing knowledge kali ini mengenai “Explore Data Patterns Using Space-Time Pattern Mining”. Menurutnya, teknik ini menurutnya dapat dimanfaatkan insan muda BPIW dalam melakukan updating peta wilayah.  

Sharing knowledge ini disampaikan staf Bagian Hukum, Kerja Sama, dan Komunikasi Publik, Angga Budi Kusuma S.Si, M.Sc, M.Eng. Ia memaparkan, Explore Data Patterns Using Space-Time Pattern Mining merupakan salah satu metode analisis untuk mengetahui pola  sebaran dan tren data yang memiliki dimensi ruang dan waktu. 

“Analisis ini berguna untuk mengetahui tren perubahan data dan tren perubahan persebaran data ekstrem terhadap wilayah sekitarnya,” tuturnya. Dalam kaitannya dengan BPIW, lanjut Angga, melalui metode tersebut akan dapat mengetahui daerah mana saja yang memiliki fenomena menonjol dari daerah sekitarnya. “Contohnya di kabupaten A tingkat krimininalitasnya cenderung lebih tinggi dibanding kabupaten di sekelilingnya. Contoh lainnya tingkat kecelakaan di kecamatan B cenderung semakin menurun dibanding dengan kecamatan sekitarnya,” ucapnya. 

Ia berharap, sharing knowledge dapat membantu kolega insan BPIW dalam melakukan analisis pengembangan wilayah. “Khususnya dalam penyempurnaan penyusunan Rencana Pengembangan Infrastruktur Wilayah (RPIW),” terang Angga.

Kegiatan ini diikuti para generasi muda di lingkungan BPIW dan beberapa staf unit organisasi di lingkungan  Kementerian PUPR. (Hen/Ris/Tiara)

 

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: