10th World Water Forum Expo Resmi Dibuka, BPIW Tampilkan Gagasan Perencanaan Terpadu sebagai Solusi Pengelolaan Air untuk Kesejahteraan Bersama

Layanan Informasi BPIW     |     20 May 2024     |     07:05     |     955
10th World Water Forum Expo Resmi Dibuka, BPIW Tampilkan Gagasan Perencanaan Terpadu sebagai Solusi Pengelolaan Air untuk Kesejahteraan Bersama
Ketua Inter-Parliamentary Union (IPU) yang juga Ketua DPR RI, Puan Maharani (tiga dari kiri) saat membuka Fair and Expo World Water Forum ke-10

Ketua Inter-Parliamentary Union (IPU) yang juga Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia, Puan Maharani secara resmi membuka Fair and Expo World Water Forum ke-10, di area Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Senin, 20 Mei, 2024 siang. Pameran ini berlangsung hingga berakhirnya gelaran World Water Forum ke-10, pada 25 Mei 2024.

"Saya sangat senang dapat menyambut para partisipan dalam pembukaan Fair and Expo World Water Forum ke-10 ini. Event ini, harapannya memberikan peluang yang baik untuk mempromosikan inisiatif dan inovasi dari berbagai negara dan stakeholders," kata Puan Maharani. 

Acara pembukaan tersebut juga dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno, Presiden World Water Council (WWC) Loic Fauchon, dan Cinta Laura Kehl, Duta Komunikasi World Water Forum ke-10. Fair and Expo World Water Forum ke-10 di BNDCC terdiri atas Country Pavilion yang diikuti oleh 18 peserta dari 17 negara, serta Organization Pavilion yang diikuti 108 perusahaan dan organisasi nasional maupun internasional dari 11 negara.

Presiden World Water Council, Loic Fauchon memberikan apresiasinya atas keberhasilan Indonesia dalam mempersiapkan kegiata selama dua tahun yang disebutnya sangat profesional. Ia melihat profesionalisme nyata dari seluruh penyelenggaraan World Water Forum ke-10. “Terima kasih telah mempersiapkan forum ini dengan baik dan penuh keramahan. Sebagai Pejuang Air Dunia, kita ingin menyerukan tindakan internasional untuk memastikan tata kelola air yang lebih aktif dan terdesentralisasi, memperkuat aturan mediasi sungai, danau, dan daerah aliran sungai,” ujarnya.

Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR turut berpartisipasi dalam pameran ini dengan menampilkan gagasan mengenai Perencanaan Infrastruktur Terpadu Berbasis Pengembangan Wilayah sebagai solusi Pengelolaan Air untuk Kesejahteraan Bersama. BPIW memperkenalkan pendekatan komprehensif dalam pengelolaan sumber daya air yang terintegrasi dengan pengembangan wilayah. Konsep ini diusung untuk mengatasi tantangan pengelolaan air yang kompleks melalui perencanaan infrastruktur yang holistik dan berkelanjutan.

Booth BPIW pada pameran ini terletak di BNA 69 dan 70 di outdoor area BNDCC. BPIW menampilkan konsep perencanaan dalam format digital interaktif dan video. Kepala BPIW, Yudha Mediawan beserta jajaran juga mengunjungi booth BPIW dan booth lainnya pada Senin, 20 Mei siang. (Kominfo/Tiara/Mutri)

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: