BPIW Persiapkan Kunjungan Lapangan dan FGD terkait National Urban Development Strategy

Layanan Informasi BPIW     |     13 May 2024     |     11:05     |     953
BPIW Persiapkan Kunjungan Lapangan dan FGD terkait National Urban Development Strategy
Kepala BPIW Kementerian PUPR, Yudha Mediawan saat memberikan arahan

National Urban Development Strategy (NUDS) merupakan salah satu dari empat Instrumen Pelaksanaan National Urban Development Project (NUDP).  Selain NUDS, instrumen pelaksanaan NUDP lainnya adalah National Urban Policy (NUP), Integrated City Planning (ICP), dan Capital Investment Planning (CIP). NUDS merupakan skenario dan strategi pengembangan kota berdasarkan sistem kota-kota nasional dan karakteristik (tipologi) wilayahnya sebagai basis perencanaan pembangunan infrastruktur permukiman perkotaan nasional.

Mengingat pentingnya NUDS, BPIW Kementerian PUPR akan melaksanakan kunjungan lapangan dan Focus Group Discussion (FGD)  pada 15 Mei hingga 10 Juni 2024. Kunjungan lapangan akan dilaksanakan pada 38 kota, sedangkan FGD dilaksanakan pada 18 kota. Persiapan terkait kunjungan lapangan dan FGD dilakukan pada rapat di BPIW, Senin,  13 Mei 2024. 

Saat memimpin rapat tersebut, Kepala BPIW, Yudha Mediawan meminta agar dilakukan komunikasi yang baik dengan pihak-pihak terkait di daerah yang akan dilaksanakan kunjungan lapangan dan FGD.   

Terkait NUDP Yudha menjelaskan, NUDP tersebut sebagai platform mewujudkan transformasi pembangunan perkotaan masa depan yang lebih baik. Sementara tujuan NUDP adalah mewujudkan kota-kota di Indonesia yang berperan sesuai dengan fungsinya dalam suatu sistem perkotaan nasional dan karakter wilayahnya untuk menjadi kota yang layak, hijau, dan cerdas dengan standar global. 

Tujuan NUDP lainnya adalah meningkatkan kemampuan kota (kelembagaan dan SDM) terkait manajemen dan pembiayaan dalam pengembangan infrastruktur dengan berbagai pembiayaan alternatif (creative financing).

Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur Wilayah Nasional, Zevi Azzaino juga berharap bahwa tim yang melaksanakan kunjungan lapangan dan melaksanakan FGD dapat melaksanakannya dengan baik. 

Ketua Central Project Management Unit (CPMU)  NUDP, Firman Napitupulu, menyarankan perlu dilakukan internalisasi sebelum pelaksanaan kunjungan lapangan dan FGD tersebut. Hal ini agar tim yang melaksanakan dua kegiatan itu dapat memahami data-data yang perlu digali. 

Kegiatan ini dihadiri Sekretaris BPIW, Benny Hermawan, Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur PUPR Wilayah I selaku Ketua Tim Sekretariat CPMU NUDP, Boby Ali Azhari, Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur PUPR Wilayah II, Melva Eryani Marpaung, dan Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur PUPR Wilayah III, Pranoto. Kegiatan ini dihadiri juga para pejabat administrator, konsultan NUDP, dan pegawai perwakilan unit kerja di BPIW. (Hen/Tiara)

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: