BPIW Pastikan Kawal Proses ITDP Berjalan Sesuai Rencana

Layanan Informasi BPIW     |     15 Oct 2018     |     03:10     |     1092
BPIW Pastikan Kawal Proses ITDP Berjalan Sesuai Rencana

Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap melakukan pemenuhan segala ketentuan untuk pencairan pinjaman Bank Dunia untuk Indonesia Tourism Development Project (ITDP).

Kepala BPIW Kementerian PUPR, Hadi Sucahyono mengatakan, BPIW siap mengawal agar proses Loan Signing dan Loan Effectiveness untuk Indonesia Tourism Development Project dapat berjalan sesuai agenda yang telah ditetapkan.

Loan Signing dijadwal pada 22 Oktober 2018. Adapun Loan Effectiveness dijadwalkan pada 1 November 2018,” ungkap Hadi saat membuka Rapat “Indonesia Tourism Development Project, First Implementation Support Mission: Wrap-up Meeting 15 October 2018,” di kantor BPIW, Senin (15/10).     

Lebih lanjut Hadi menyatakan, total dana yang akan dicairkan Bank Dunia dalam pengembangan pariwisata di Tanah Air mencapai sebesar 300 juta dolar Amerika.

Menurutnya, total penggunaan dana dari Bank Dunia akan dialokasikan untuk empat komponen, komponen pertama, meliputi meningkatkan kapasitas kelembagaan untuk memfasilitasi pengembangan pariwisata terpadu dan berkelanjutan. Komponen kedua, meliputi meningkatkan kualitas jalan dan akses pelayanan dasar di kawasan wisata yang dipilih.

“Komponen ketiga, meliputi mendorong partisipasi lokal dalam perekonomian sektor pariwisata. Adapun, komponen keempat, meliputi meningkatkan lingkungan yang kondusif untuk masuknya investasi swasta dan usaha ke bidang pariwisata,” terangnya.

Hadi menerangkan, komponen pertama akan mendapat alokasi anggaran 22 juta dolar Amerika, kompoten kedua  mendapat alokasi anggaran 239,6 juta dolar Amerika, komponen ketiga mendapat alokasi anggaran 37,1 dan komponen keempat akan mendapat alokasi anggaran 1,3 juta dolar Amerika. Sehingga, totalnya sesuai dengan jumlah dukungan Bank Dunia 300 juta dolar Amerika.

Di tempat yang sama, Senior Private Sector Specialist Trade and Competitiveness, Bank Dunia, Bertine Kamphuis menyatakan, proses implementasi dalam mendukung Indonesia Tourism Development Project sudah berjalan sesuai rencana yang disepakati.

“Saat ini hanya ada beberapa hal yang perlu dilengkapi saja,” terang Bertine. Ia yakin, proses Indonesia Tourism Development Project dapat berjalan sesuai rencana.

Menurutnya, untuk proses agenda yang besar telah dilalui dengan baik, sehingga tinggal pelengkapan saja.

Ia berharap, komitmen dukungan dari anggaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk pengembangan pariwisata juga dapat terimplementasi dengan baik, agar misi pengembangan pariwisata di Indonesia dapat berjalan dengan cepat.

Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan dari perwakilan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas),  Kementerian Pariwisata, Kementerian Pendidikan, Badan Koordinasi Penanaman Modal serta perwakilan seluruh unit organisasi di Kementerian PUPR.(ris/infoBPIW)  

 

 

   

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: