Peringati Hari Sungai Nasional, PUPR Gelar Aksi Susur dan Bersih-bersih. Sungai

Layanan Informasi BPIW     |     27 Jul 2023     |     07:07     |     1966
Peringati Hari Sungai Nasional, PUPR Gelar Aksi Susur dan Bersih-bersih. Sungai
Memperingati Hari Sungai Nasional dengan melaksanakan Kegiatan Susur dan Bersih-bersih Sungai Ciliwung pada Kamis, 27 Juli 2023

Kementerian PUPR bersama delapan kementerian/lembaga yang tergabung dalam Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA) serta sejumlah pihak terkait memperingati Hari Sungai Nasional dengan melaksanakan Kegiatan Susur dan Bersih-bersih Sungai Ciliwung pada Kamis, 27 Juli 2023 sekaligus merupakan rangkaian World Water Forum (WWF) ke-10 tahun 2024 mendatang di Bali. Titik awal penyusuran di mulai dari Jembatan Ciliwung Kalibata dan berakhir di Jembatan Transmart MT. Haryono.

Tema kegiatan ini diangkat dari tema utama World Water Forum ke-10 yang berjudul “Water for Shared Prosperity” atau “Air untuk Kesejahteraan Bersama,” dengan fokus pada salah satu Sub-Tema yaitu “Water for Human and Nature.”

Ketua Panitia Susur dan Bersih-bersih Sungai menuju 10th WWF dan Memperingati Hari Sungai Nasional Asep Arofah Permana mengatakan, aksi tersebut juga dilakukan di 37 Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS/BWS) di seluruh Indonesia. "Dapat kami laporkan bahwa total jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah 12.008 orang," Asep menerangkan.

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah menyampaikan, dengan adanya Hari Sungai Nasional serta Kegiatan Susur dan Bersih-bersih Sungai ini, masyarakat diharapkan lebih peduli dalam menjaga kebersihan dan kelestarian sungai-sungai di Indonesia. "Kita sama-sama mengingatkan kepada masyarakat yang tinggal di dekat sungai untuk menjaga perilaku hidup bersih dengan tidak membuang sampah ke sungai," kata Zainal Fatah.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjawab amanah Peraturan Presiden (Perpres) 83 Tahun 2018 tentang Penanganan Sampah Laut, yang mana sampah laut mencakup limbah yang berasal dari daratan, badan air, dan pesisir yang mengalir ke laut, serta sampah yang dihasilkan dari kegiatan di laut.

"Kita memang memulainya di sungai-sungai yang mungkin jauh dari laut, tetapi sungai akan tetap bermuara ke laut. Oleh karena itu, membersihkan sungai, juga akan membersihkan laut-laut kita," kata Mohammad Zainal Fatah.

Kegiatan ini dihadiri pejabat Kementerian PUPR antara lain Djarot Wiyoko Plt. Direktur Jenderal Sumber Daya Air, Benny Hermawan, Sekretaris Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah, M. Hidayat, Sekretaris Direktorat Jenderal Perumahan, Riono Suprapto, Sekretaris Direktorat Jenderal Cipta Karya, Airlangga Mardjono, Sekretaris Direktorat Jenderal Sumber Daya Air dan para pejabat administrator di lingkungan Kementerian PUPR. Selain itu dihadiri pula oleh Restuardy Daud, Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah, Kementerian Dalam Negeri, Wakil Walikota Jakarta Timur, Iin Mutmainnah, Wakil Walikota Jakarta Selatan, Edi Sumantri.(zim)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: