Pacu Pertumbuhan Ekonomi di KIT, BPIW Dorong Percepatan Pengembangan Kawasan Industri Strategis

Layanan Informasi BPIW     |     24 Jul 2023     |     02:07     |     2673
Pacu Pertumbuhan Ekonomi di KIT, BPIW Dorong Percepatan Pengembangan Kawasan Industri Strategis
Kepala BPIW, Yudha Mediawan (kanan depan) saat memimpin Kunjungan Lapangan (Kunlap) Tim BPIW ke KI Morowali, Sulawesi Tengah.

Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong terciptanya percepatan pengembangan infrastruktur Kawasan Industri (KI) di Kawasan Indonesia Timur (KTI). Salah satunya KI Morowali di Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah.

"Keberadaan KI Morowali ini diharapkan menjadi salah satu yang memberi kontribusi optimal terhadap ekonomi nasional, khususnya kontribusi terhadap akselerasi pertumbuhan ekonomi di Kawasan Timur Indonesia sendiri," ungkap Kepala BPIW Kementerian PUPR, Yudha Mediawan saat memimpin rombongan Kunjungan Lapangan (Kunlap) Tim BPIW Kementerian PUPR ke KI Morowali, Sulawesi Tengah, Kamis-Jumat, 20-21 Juli 2023.

Kegiatan Kunlap tersebut diikuti Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur PUPR Wilayah III (Kapuswil) III BPIW, Abram Elsajaya Barus,  Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur Wilayah Nasional (Kapusnas) BPIW, Zevi Azzaino, Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Wilayah III.A, Puswil III BPIW, Riska Rahmadia, Kepala Bidang Keterpaduan Program Pusnas BPIW, Mangapul L. Nababan, subkor serta jajaran staf BPIW.  

Pada Kunlap ini Tim BPIW didampingi sejumlah perwakilan dari Unit Pelaksana Teknis/Balai masing-masing Unit Organisasi (Unor) di lingkungan Kementerian PUPR untuk wilayah Provinsi Sulawesi Tengahserta Camat Bahodopi dan disambut oleh Land And Infrastructure Manager serta Manajer Umum PT. IMIP.

Yudha Mediawan menyampaikan, saat ini Kementerian PUPR melalui BPIW tengah melakukan penyusunan Kajian Percepatan Peningkatan Pelayanan Infrastruktur di 5 KI strategis. “Kelima KI  strategis itu seluruhnya berada di luar Pulau Jawa dan Sumatera," jelas Yudha Mediawan.

Ia menambahkan, kelima KI strategis yang prioritas dikembangkan adalah KI Morowali di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, KI Sorowako di Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan, KI Konawe di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, KI Weda di Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara dan KI Tanjung Selor di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara.

Adanya kegiatan Kunlaplanjutnya, diharapkan kajian yang disusun menghasilkan perencanaan dan program yang implementatif dan menjawab kebutuhan infrastruktur di KI Morowali.

Menurut Yudha Mediawan, kondisi infrastruktur di KI Morowali masih memerlukan perhatian lebih. Kemudian, pekerja di KI Morowali yang beragam, mulai pekerja dalam negeri dan dari luar negeri, sehingga aspek-aspek lingkungan serta sosial-budaya harus masuk dalam penentuan skenario strategi pengembangan agar tetap mendukung keadaan yang kondusif.

Pengembangan infrastruktur di KI Morowali, lanjutnya, sangat perlu juga memperhatikan wilayah sekitarnya. “Kawasan di sekitar KI Morowali jangan sampai ada kekumuhan,” harapnya.

Pada kesempatan Kunlap ini, Tim BPIW Kementerian PUPR mendatangi sejumlah lokasi, antara lain PT. Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP). PT IMIP merupakan perusahaan yang  bergerak di bidang manufaktur sebagai pengelola kawasan industri Morowali dengan mengelola sebanyak 50 perusahaan (tenant) berbasis nikel. Selain melakukan diskusi dengan jajaran manajemen PT. IMIP, Tim BPIW juga mengunjungi langsung ke sejumlah titik dalam Kawasan PT IMIP.

Kemudian, Tim BPIW mengunjungi sejumlah jalan poros nasional penghubung KI Morowali dengan wilayah sekitar yang perlu dikembangkan. Tak hanya itu, Tim BPIW juga mengunjungi lokasi Puskesmas dan kantor Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali untuk melakukan diskusi perencanaan dan program peningkatan infrastruktur PUPR.(Ris/Tiara) 

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: