Kunjungi BPIW, Bupati Tana Tidung Usulkan Sejumlah Pembangunan Infrastruktur

Layanan Informasi BPIW     |     20 Sep 2022     |     02:09     |     172
Kunjungi BPIW, Bupati Tana Tidung Usulkan Sejumlah Pembangunan Infrastruktur
Kepala BPIW (kanan) berjabat tangan dengan Bupati Tana Tidung (kiri) usai diskusi terkait infrastruktur

Bupati Tana Tidung Kalimantan Utara, Ibrahim Ali melakukan kunjungan kerja (kunker) ke BPIW Kementerian PUPR, Senin 19 September 2022. Dalam kunker itu, ia melakukan pertemuan dengan Kepala BPIW Kementerian PUPR Rachman Arief Dienaputra beserta jajarannya. 

Saat itu Ibrahim Ali menyampaikan beberapa usulan pembangunan infrastruktur antara lain usulan perubahan status sebagian jalan kabupaten menjadi jalan nasional, akses jalan menuju pelabuhan, serta sarana dan prasarana permukiman.  

“Spesifik jalan yang kita mintakan yakni jalan penghubung dari pelabuhan Bebatu menuju pusat pemerintahan Kabupaten Tana Tidung. Kita mintakan juga akses jalan nasional. Hal ini yang kita mintakan atau harapkan, karena untuk membantu menghidupkan perekonomian masyarakat yang ada di sana,” ujarnya. Ia juga mengatakan Kabupaten Tana Tidung merupakan salah satu kabupaten yang memiliki posisi strategis, karena merupakan kabupaten penghubung di Kalimantan Utara. 

Lebih lanjut ia menyatakan bahwa masyarakat di kabupaten Tana Tidung mayoritas merupakan petani dan nelayan. Dengan kondisi tersebut, maka dibutuhkan dukungan infrastruktur PUPR seperti akses jalan untuk menyalurkan hasil produksi pertanian dan hasil tangkapan ikan para nelayan. Ia berharap infrastruktur PUPR melalui perencanaan yang dibuat BPIW dapat membantu memperkuat perekonomian masyarakat Kabupaten Tana Tidung. “Kami berharap BPIW dapat mengakomodir usulan-usulan yang kami sampaikan,” harapnya. 

Menanggapi hal tersebut, Kepala BPIW pada prinsipnya mendukung usulan Bupati untuk mengembangkan Kabupaten Tanah Tidung, tetapi proposal Bupati agar dibuat lebih komprehensif dengan menjelaskan potensi kawasan yang akan dikembangkan dan dukungan infrastruktur PUPR yang diperlukan. Lebih lanjut Kepala BPIW meminta agar disusun prioritas yang akan diusulkan dan tahapan yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten terkait program prioritas yang diusulkan tersebut

Terkait jalan di Kabupaten Tana Tidung yang diminta untuk jadi jalan nasional menurutnya akan dikaji terlebih dahulu, karena akan dilihat dari berbagai aspek. Salah satunya terkait urgensi dari peralihan status jalan tersebut. 

Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur PUPR Wilayah I BPIW, Hari Suko Setiono menambahkan sistem transportasi di Kabupaten Tana Tidung dan kabupaten lain di Kalimantan Utara, tidak hanya mengandalkan moda darat, tapi antarmoda. Sehubungan dengan hal itu menurutnya, harus ada interkoneksi moda darat dengan moda laut dan sungai.  

Selain Kepala BPIW dan Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur PUPR Wilayah I, turut hadir dalam pertemuan itu, Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Wilayah IC, Zaldy Sastra dan Jafung Teknik Tata Bangunan dan Perumahan BPIW, Rachman Hanifa. 

Sedangkan Bupati Tana Tidung didampingi beberapa pejabat antara lain Plt. Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Tana Tidung, Hersonsyah,  Direktur PDAM,  Winarno, dan Sekretaris Dinas PUPR, Idris Hendro Wibowo. (Hen/Tiara/infobpiw)

 

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: