Kolaborasi Bappeda dan BPIW Dorong Pembangunan Kabupaten Mimika

Layanan Informasi BPIW     |     24 Sep 2024     |     09:09     |     102
Kolaborasi Bappeda dan BPIW Dorong Pembangunan Kabupaten Mimika
Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur Wilayah III, Pranoto menerima kunjungan di Ruang Rapat Lantai 4 BPIW pada Selasa, 17 September 2024.

Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR menerima kunjungan dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mimika, Papua Tengah. Kunjungan tersebut dilakukan oleh Kasubbid Pengairan dan Lingkungan Hidup dan Kasubbid Infrastruktur beserta jajarannya. Kunjungan ini diterima oleh Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur Wilayah III, Pranoto di Ruang Rapat Lantai 4 BPIW pada Selasa, 17 September 2024.

Kasubbid Infrastruktur Bappeda Mimika, Marlin Sikape, mengatakan bahwa kunjungan ini dilakukan dalam rangka sinergitas dan harmonisasi perencanaan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Mimika. Dalam kesempatan ini, Ia juga menyampaikan arahan dan kebijakan perencanaan infrastruktur di Kabupaten Mimika.

Menanggapi diskusi, Pranoto menyampaikan penekanan utama dalam pembangunan di Kabupten Mimika yakni konektivitas. “Konektivitas jalan menjadi penekanan utama karena menyambungkan Simpang Kapiraya menuju Waghete, serta akses antar wilayah kabupaten di Provinsi Papua Tengah. Selain fokus pada pembangunan jalan, program utama Provinsi Papua Tengah juga difokuskan dalam pembangunan rumah susun ASN KPP DOB di Nabire,” ujarnya.

Beberapa indikasi program dukungan Kementerian PUPR di Kabupaten Mimika turut disampaikan. Pemenuhan kebutuhan infrastruktur dasar dengan beberapa program yang meliputi pembangunan jaringan air baku, peningkatan akses dan konektifitas antar wilayah, pembangunan Jalan Waghete–Simpang Kapiraya, peningkatan kapasitas SPAM, penataan permukiman kumuh Kawasan Koperapoka Mimika Baru, dan peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni di Kabupaten Mimika.

Dalam diskusi tersebut juga dibahas perencanaan penanganan jalan pada setiap kabupaten, fokus industri, serta penanganan banjir di Kabupaten Mimika. Pranoto mengucapkan apresiasi atas kunjungan sekaligus konsultasi perencanaan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Mimika dan berharap selanjutnya akan berkoordinasi bersama pada Rakorbangwil. (Fir/MBA)

 

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: