Kepala BPIW Terima Kunjungan Wakil Bupati Dompu

Layanan Informasi BPIW     |     18 Jan 2022     |     06:01     |     3141
Kepala BPIW Terima Kunjungan Wakil Bupati Dompu

Kepala BPIW Kementerian PUPR Rachman Arief Dienaputra menerima kunjungan kerja Wakil Bupati (Wabup) Dompu Nusa Tenggara Barat (NTB) H. Syahrul Parsan di ruang kerjanya, Gedung G Jakarta Selatan, Selasa, 18 Januari 2022. Syahrul menyatakan kunjungan itu untuk bersilaturahmi dan juga menyampaikan program-program yang diusulkan Pemkab. Dompu. Namun setelah dilakukan dialog, Syahrul mengatakan program-program infrastruktur di daerahnya sudah diakomodir Kementerian PUPR melalui  BPIW.  “Kedepan, kami berharap BPIW selalu mendukung semua program infrastruktur PUPR  yang ada di Kabupaten Dompu,” ujarnya.  

Bendahara Bappeda Dompu Miftahul Suadah menambahkan Kabupaten Dompu memiliki salah satu Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) Dompu yang berada di Kecamatan Manggelewa dan Kilo dengan potensi berupa jagung.  “Untuk usulan saat ini  KPPN sudah dipertimbangkan dalam program yang direncanakan BPIW,” ungkapnya. 

Sedangkan secara umum saat ini di Kabupaten Dompu lebih fokus pada infrastruktur air bersih, jalan dan juga program Kotaku (Kota tanpa Kumuh). Terkait program Kotaku itu menurutnya saat ini yang terduga kumuh di Kabupaten Dompu mencapai 200 ha. Sedangkan untuk usulan prioritas mencapai 70,48 ha yang berada di kawasan Bada dan sekitarnya yang terdiri dari lima kelurahan.

Selain itu kata Suadah Bupati Dompu juga berminat untuk mengikuti program National Urban Water Supply Projet (NUWSP) dari Ditjen Cipta Karya. “Saat ini sedang dalam proses pengusulan melalui aplikasi,” ucapnya.

Menurutnya di Dompu terdapat ada mega Bendungan yakni Tanju dan Mila yang difokuskan pada pada kebutuhan air untuk irigasi serta sumber air baku penyediaan air bersih untuk pelayanan tiga kecamatan dalam kota. 

Rachman Arief menyambut baik kedatangan rombongan Wakil Bupati Dompu tersebut. Menurutnya BPIW akan mendukung program infrastruktur di daerah dengan memperhatikan justifikasi pengusulannya. Ia juga menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur PUPR dilaksanakan dengan berbasis pengembangan wilayah dan melibatkan unit organisasi di lingkungan PUPR yakni Ditjen Sumber Daya Ait (SDA), Bina Marga, Cipta Karya, dan Perumahan. Selain didampingi Bendahara Bappeda, Wakil Bupati Dompu didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja Syamsul Ma’ri dan Staf Ahli Syamsuddin. (Hen/infobpiw)

 

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: