Generasi Muda BPIW Gelar Internalisasi Pemahaman Infrastruktur PUPR

Layanan Informasi BPIW     |     14 Jan 2022     |     07:01     |     28
Generasi Muda BPIW Gelar Internalisasi Pemahaman Infrastruktur PUPR
Foto Generasi Muda BPIW Gelar Internalisasi Pemahaman Infrastruktur PUPR

Generasi Muda BPIW Kementerian PUPR menggelar kegiatan bertema “Internalisasi Pemahaman Infrastruktur Sumber Daya Air (SDA), Konektivitas serta Permukiman dan Perumahan bagi Generasi Muda BPIW”, di Lantai 8 Gedung Ditjen SDA, Kamis, 13 Januari 2022. Kegiatan ini untuk meningkatkan guna meningkatkan pemahaman mengenai infrastruktur bidang PUPR. 

Saat memberikan arahan Kepala BPIW Rachman Arief Dienaputra berharap dari kegiatan Internalisasi ini para generasi muda BPIW dapat memahami mengenai bisnis proses pembangunan infrastruktur di DItjen Sumber Daya Air (SDA) dan juga dengan ditjen lainnya yakni Ditjen Bina Marga, Cipta Karya, dan Perumahan atau biasa disebut ABCP. 

Baginya, forum seperti ini sangat bermanfaat bagi generasi muda untuk mengetahui beberapa hal seperti mengenai rencana strategis, rencana kerja tahunan, dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) yang dibuat Ditjen SDA.

“Jadi proses teknis dari ditjen, kita ambil sarinya baru kita berpikir sebagai orang ABCP. Lalu kita bisa integrasikan. Jadi saya minta kesempatan ini benar-benar dimanfaatkan generasi muda BPIW,” tuturnya. Arief juga menyampaikan bahwa konsep atau kajian yang dibuat BPIW harus dapat diimplementasikan oleh ABCP.  Hal ini sejalan dengan amanah yang disampaikan Menteri PUPR yang juga berharap BPIW dapat menjadi integrator dan kolaborator perencanaan dan pemrograman. 

Untuk sesi pertama acara Internalisasi Pemahaman Infrastruktur diisi dengan paparan dari Direktur Sistem dan Strategi Pengelolaan Sumber Daya Air (SSPSDA) Ditjen SDA  Birendrajana. Ia menerangkan beberapa hal seperti makna dari SDA, tugas dan fungsi, serta  struktur organisasi Ditjen SDA.  Ia juga memperkenalkan mengenai beberapa infrastruktur yang dibangun Ditjen SDA seperti bendungan, embung, dan  air baku untuk Sistem Penyediaan Air Minum (regional). 

Birendrajana menyampaikan lingkup kerja Ditjen SDA memperhatikan batasan fungsional yaitu wilayah sungai. Pemaparan disampaikan secara komprehensif mulai dari perencanaan, pemrograman dan penganggaran, serta terkait kolaborasi dan kelembagaan. “dalam rangka penyediaan air baku Ditjen SDA juga berkolaborasi dengan Ditjen Cipta Karya untuk menyediakan air baku sampai ke rumah tangga” jelasnya

Kegiatan yang dimoderatori Djuang Fajar Sadikin dari Pusat Pengembangan Infrastrastruktur Wilayah Nasional ini diisi dengan tanya jawab dengan para peserta. Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris BPIW Iwan Nurwanto serta para generasi muda di lingkungan BPIW.  Acara yang sama akan kembali digelar minggu depan dengan menghadirkan narasumber dari Ditjen Bina Marga, Cipta Karya, dan Perumahan, secara bergantian. (Hen/infobpiw)

 

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: