Kementerian PUPR Akan Tingkatkan Infrastruktur Jalan dan Kapasitas Air di Kawasan Ujung Genteng

Layanan Informasi BPIW     |     28 Feb 2021     |     09:02     |     1558
Kementerian PUPR Akan Tingkatkan Infrastruktur  Jalan dan Kapasitas Air di Kawasan Ujung Genteng

Pemerintah melakukan pengembangan infrastruktur di seluruh Indonesia, salah satunya di Jawa Barat. Sehubungan dengan hal itu dilakukan rapat  terkait Pembangunan Kawasan Pesisir Selatan Sukabumi Jawa Barat terutama kawasan Ujung Genteng, Rabu, 24 Februari 2021, melalui video conference

 

Dalam rapat yang dipimpin Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan ini, Kepala BPIW Hadi Sucahyono yang mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa infrastruktur jalan kedepannya akan ditingkatkan kualitasnya.

Secara umum menurut Hadi jalan nasional kemantapannya sudah cukup baik terutama infrastruktur jalan menuju wisata pantai. Sedangkan jalan yang menyambung dari jalan nasional ke pantai atau langsung ke kawasan Ujung Genteng   merupakan jalan pemerintah daerah setempat. 

 

Selain itu Hadi menyatakan perlu peningkatan kapasitas air yang ada di kawasan tersebut, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. “Nanti perlu analisis pemerintah daerah, untuk mengetahui berapa jumlah penduduk sehingga dapat diukur kapasitas air yang dibutuhkan,” ungkapnya. 

 

Terkait masalah infrastruktur jalan, ia menyarankan dilakukannya pengalihan status jalan dari jalan daerah menjadi jalan nasional. Hal ini agar penanganan jalan di kawasan itu dapat cepat untuk ditangani. 

 

Lebih lanjut  Luhut mengatakan rapat tersebut merupakan tindak lanjut rapat pengembangan infrastruktur Jawa Barat beberapa waktu lalu. Menurut Luhut Kawasan Ujung Genteng yang merupakan bagian Kawasan Geopark Ciletuh, Pelabuhan Ratu, Sukabumi ini menjadi salah satu fokus dari pemerintah untuk dikembangkan, karena   memiliki potensi ekonomi cukup besar di pesisir Selatan baik seperti potensi sektor pariwisata,  perikanan, pertanian dan ekosistem. Ia berharap ke depan, Ujung Genteng dapat menjadi kawasan yang menjadi pusat ekonomi baru. 

 

Rapat tersebut juga dihadiri Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan A. Djalil. Menurutnya penataan tata ruang menjadi substansi untuk mendukung pengembangan kawasan itu. Selain itu Sofyan mengatakan pertanahan di Kawasan Pantai Selatan ini perlu dikelola dengan baik agar tidak menimbulkan permasalahan yang berarti. 

 

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Herliani Tanoesoedibjo menyatakan  siap mendukung pengembangan Kawasan Ujung Genteng dan sekitarnya dengan merealisasikan Sapta Pesona seperti kebersihan, revitalisasi toilet dan tempat ibadah. Ia menilai perlu dibuat integrated planning atau rencana yang terintegrasi di kawasan tersebut. Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra juga mendukung rencana pembangunan bandara di Sukabumi dan pembangunan kawasan pesisir. 

 

Dalam kesempatan itu Plh. Bupati Sukabumi Zainul .S. mengatakan rencana pembangunan bandara di Kabupaten Sukabumi terus dikoordinasikan dengan Kementerian Perhubungan dan pihak-pihak terkait lainnya. Ia juga berharap pemerintah dapat membangun bendungan agar air lebih jernih dan bermuara pada geopark. Rapat tersebut juga diikuti instansi lain seperti perwakilan dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (Hen/infobpiw)

 

 

 

 

 

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: