BPIW Melaksanakan Kick-Off Meeting dalam Rangka Implementasi Support Mission NUDP

Layanan Informasi BPIW     |     24 Sep 2024     |     09:09     |     300
BPIW Melaksanakan Kick-Off Meeting dalam Rangka Implementasi Support Mission NUDP
Kepala BPIW, Yudha Widiawan saat membuka Kick Off Meeting implementasi misi NUDP di Jakarta, Rabu 18 Septembrr 2024.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) telah melaksanakan Kick-Off Meeting dalam rangka mendukung implementasi misi Bank Dunia pada pelaksanaan National Urban Development Project (NUDP) di Jakarta, Rabu, 18 September 2024. Misi ini merupakan kegiatan rutin dari Bank Dunia dengan tujuan meninjau progres implementasi serta pencapaian target NUDP. Pertemuan ini merupakan  pembukaan  rangkaian kegiatan  implementation support mission NUDP. Dalam pertemuan ini akan dilakukan beberapa hal, seperti konsolidasi  rencana  15  bulan  ke  depan (sesuai loan extention) dari masing-masing Project Implementation Unit (PIU), penyampaian kemajuan progress NUDP, penetapan kota pilot untuk kunjungan lapangan Mission NUDP dan persiapan kunjungan lapangan, serta pembahasan pemanfaatan potensi dana loan yang belum teralokasi.

Kepala BPIW, Yudha Mediawan menyampaikan bahwa “NUDP menjadi platform kolaborasi lintas sektor untuk mengkoordinasikan perencanaan perkotaan terpadu dan mewujudkan  perkotaan dengan paradigma baru smart cities”. Proses restrukturisasi NUDP telah disetujui oleh Bank Dunia pada tanggal 19 Agustus 2024 dan Kementerian Keuangan pada 13 September 2024. Saat ini terdapat perubahan struktur organisasi dalam penanganan NUDP dengan penambahan Project Management Unit (PMU) dan Project Implementation Unit (PIU). "Hal itu dilakukan guna semakin mengakselerasi kegiatan NUDP”, terang Yudha saat membuka acara.

Selain itu, Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur Wilayah Nasional (Kapusnas) BPIW selaku Wakil Ketua CPMU NUDP Kementerian PUPR, Zevi Azzaino, mengatakan, sasaran dan keluaran dari kegiatan NUDP antara lain mendukung pelaksanaan pembangunan kota jangka panjang di Indonesia. “Termasuk penyiapan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2025-2029 pembangunan perkotaan,” terangnya.

Kemudian, pembangunan sektoral dapat dilakukan secara terpadu pada tingkat nasional dan kota. Harapannya meningkatkan efisiensi investasi pembangunan kota dalam mendukung pembangunan nasional secara keseluruhan, serta membangun kota sesuai dengan standar global.

Di tempat yang sama, Task Team Leader NUDP Bank Dunia, Yuko Arai menyampaikan apresiasi terhadap jajaran pemerintah atas dukungan terhadap kegiatan implementation support mission NUDP yang akan berlangsung hingga 27 September 2024. Kegiatan tersebut akan diisi juga dengan melakukan kunjungan kerja ke kota-kota pilot project. Kegiatan Kick-Off Implementation Support Mission NUDP ini dihadiri juga perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Keuangan, jajaran Bank Dunia, serta beberapa pejabat administrator dan staf di lingkungan Kementerian PUPR.

Setelah kick-off meeting ini dilaksanakan rangkaian kegiatan mission NUDP pada tanggal 18-27 September 2024 yang meliputi, bilateral meeting untuk koordinasi pelaksanaan paket kegiatan NUDP sekaligus sinkronisasi antar komponen, kunjungan lapangan Mission NUDP, dan wrap-up meeting untuk mempresentasikan serta penyepakatan rencana aksi percepatan pelaksanaan NUDP.(ris/MBA)

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: