BPIW Dorong Generasi Muda Terlibat Wujudkan Kota Cerdas Berkelanjutan

Layanan Informasi BPIW     |     16 Oct 2023     |     10:10     |     6495
BPIW Dorong Generasi Muda Terlibat Wujudkan Kota Cerdas Berkelanjutan
Kapusnas BPIW, Zevi Azzaino (tiga dari kiri) foto bersama dengan narasumber talkshow

"Urban Future 2045: Shaping Sustainable and Smart Cities with Millennials" merupakan topik yang menjadi sorotan dalam talkshow yang diselenggarakan oleh BPIW Kementerian PUPR dalam rangka memperingati Hari Habitat Dunia dan Hari Kota Dunia (HHD-HKD) Tahun 2023. Acara ini berlangsung pada tanggal 16 Oktober 2023 di Indonesia Arena Gelora Bung Karno. Para narasumber yang dihadirkan pada talkshow tersebut yakni Bapak Dr. Eko Budi Kurniawan, S.T., M.Sc., Bapak Agung Dorodjatoen, ST, MSc, Ph.D., Ibu Airyn Saputri Harahap, S.T., M.Sc., Ibu Uswah, serta penanggap Bapak Ir. Firman Napitupulu, MURP membahas masa depan pembangunan perkotaan di Indonesia 2045. 

 

Dalam pembukaan, Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur Wilayah Nasional (Kapusnas), Zevi Azzaino, menyampaikan bahwa kita bersama perlu merumuskan vision, key values, skenario, dan strategi pembangunan perkotaan yang lebih baik, sesuai dengan standard kebutuhan dan paradigma baru, seperti lingkungan yang cerdas, berkelanjutan, inklusif, dan mampu memberikan manfaat yang inovatif bagi semua lapisan masyarakat perkotaan. 

 

Untuk itu, Pemerintah saat ini sedang menyiapkan skenario dan strategi pengembangan sistem kota-kota nasional melalui National Urban Development Strategy (NUDS) 2045 yang akan merespon agenda global seperti New Urban Agenda, Sustainable Development Goals, dan Paris Agreement

 

Talkshow ini juga mengajak generasi milenial untuk berdiskusi dan memikirkan pembangunan perkotaan masa depan di tahun 2045. Generasi milenial di acara ini diharapkan menjadi aktor utama yang akan memimpin dan merasakan langsung kehidupan kota-kota di masa depan.

 

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: