Tradisi Halalbihalal Tetap Dilakukan Meski Jarak Jauh

Layanan Informasi BPIW     |     26 May 2020     |     05:05     |     669
Tradisi Halalbihalal Tetap Dilakukan Meski Jarak Jauh

Pasca lebaran biasanya dilakukan Halalbihalal, saling bersilaturahmi dan saling bermaaf-maafan. Namun dikarenakan wabah virus Covid-19 atau Corona, tahun ini Halalbihalal tetap dilakukan meski jarak jaruh yakni melalui video conference (vicon).  Seperti itu pula yang dilakukan BPIW Kementerian PUPR, Selasa 26 Mei 2020. 

Dipimpin Kepala BPIW Hadi Sucahyono dilakukan vicon bersama pejabat eselon 2 hingga staf dilakukan vicon dengan suasana penuh kekeluargaan dan saling menyapa satu sama lain, baik yang Work From Home (WFH) maupun   Work From Office (WFO). Komunikasi juga dilakukan dengan keluarga dari pimpinan maupun pegawai BPIW. 

Dalam kesempatan itu Hadi juga mengingatkan bahwa meski ada pegawai yang harus bekerja di rumah, tapi efektifitas dan produktifitas kerja harus dijaga. Ia juga mengingatkan beberapa pekerjaan yang masih harus terus dikerjakan BPIW seperti Rencana Strategis (Renstra) PUPR dan Integrated Tourism Master Plan (ITMP). 

 Selain itu Hadi juga memyampaikan beberapa kebijakan dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono seperti rencana penetapan penempatan para pejabat dengan struktur organisasi yang baru. “Sambil menunggu itu, nantinya semua akan dijadikan jabatan fungsional atau jafung. Sedangkan Unit Kepatuhan Internal yang akan ada di BPIW masih bertahap pekerjaannya nanti,” ungkap Hadi yang didampingi istrinya, Rita Hadi Sucahyono. 

Suasana vicon penuh gelak tawa saat Hadi menanyakan kepada beberapa stafnya terkait menu lebaran seperti opor ayam, randang, dan Coto Makassar. “Boleh kirim kemari masakannya,”  canda Hadi. 

Suasana kembali ramai dengan penuh tawa, ketika Kepala Bidang Perencanaan Infrastruktur I, Pusat Perencanaan Infrastruktur PUPR,  Benny Hermawan membawakan pantunnya. “Wilayah Barat Sumatera Jawa Bali, meski tak berjabat yang penting hari fitri kembali. Sambal bihun sama ketupat, Halalbihalal pakek zoom no what what. Si Dilan pacarin Miliea, Selamat lebaran maaf lahri batin eyaa,” ujar Benny.  

Sementara itu Kepala Bidang Sinkronisasi Program dan Pembiayaan Pusat Pemrograman Dan Evaluasi Keterpaduan Infrastruktur PUPR Doedoeng Z. Arifin sempat menjelaskan mengenai asal muasal tradisi lebaran Idul Fitri.  

Sebelum Halalbihalal yang digelar BPIW, pada hari yang sama kegiatan Halalbihalal ini juga dilakukan seluruh jajaran pejabat tinggi di lingkungan Kementerian PUPR, seperti Wakil Menteri PUPR, John Wempi Wetipo, pimpinan tinggi madya (Eselon I) dan pimpinan balai-balai perwakilan Kementerian PUPR di seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Menteri PUPR, M. Basuki Hadimuljono mengatakan, kedepan akan tiba era new normal life yang membuat sistem kerja mentaati protokoler kesehatan. "Untuk itu yang pertama, utamakan kesehatan diri, keluarga dan lingkungan," pesan Basuki.

Ia menambahkan, sistem kerja juga akan mengalami banyak perubahan. Untuk pekerjaan yang dapat dilakukan secara digital agar makin dioptimalkan. Kedepan kerja yang memanfaatan media digital akan semakin tinggi. (Hen/Ris/infobpiw)

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: