Penyusunan ITMP Danau Toba Dorong Pengembangan Kawasan Pariwisata
Layanan Informasi BPIW     |     26 Jul 2018     |     01:07     |     179
Penyusunan ITMP Danau Toba Dorong Pengembangan Kawasan Pariwisata
Foto Penyusunan ITMP Danau Toba Dorong Pengembangan Kawasan Pariwisata

Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR menggelar Kick Off Meeting penyusunan Integrated Tourism Masterplan Plan (ITMP) untuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau atau for Lake Toba di Medan (23/07) laluKegiatan ini dipimpin oleh Kepala Pusat Pengembangan Kawasan Strategis, Ir. Kuswardono, MCP dan dihadiri oleh  Kementerian/Lembaga (K/L) terkait dan pemerintah daerah. Menurut Kepala Pusat Pengembangan Kawasan Strategis, BPIW, Kuswardono, maka penyusunan ITMP mulai dilakukan. Ditargetkan penyusunan rencana induk pariwisata terpadu itu dapat diselesaikan dalam kurun waktu satu tahun.

Kuswardono menyatakan, “Integrated ITMP for Lake Toba adalah sebuah upaya untuk mendukung pengembangan dan pembangunan KSPN Danau Toba melalui pendekatan terpadu dan komprehensif untuk semua aspek dan sektor dengan melibatkan semua pemangku kepentingan baik di tingkat pusat (K/L), tingkat daerah maupun lintas pelaku di tingkat masyarakat, swasta dan badan pengelola terkait.

Konsekuensi dari dilakukannya penanganan ini adalah dibutuhkannya pendekatan penanganan secara kolaboratif antar pemangku kepentingan di lintas sektor dan lintas tingkat pemerintahan yang diwadahi dalam bentuk kelembagaan penanganan berupa Kelompok Kerja (Pokja).

Pada sesi diskusi kegiatan tersebut, beberapa kalangan yang hadir seperti lintas K/L, pemerintah daerah, dan akademisi memberikan beragam sudut pandang, isu-isu, masukan, dan dukungan terutama dari Pemerintah Daerah di Sumatera Utara terhadap proses penyusunan ITMP Danau Toba.

Diharapkan penyusunan ITMP Danau Toba ini dapat menjadi langkah progresif dan mendapatkan pemerintah dalam melakukan inovasi pengembangan pariwisata di Danau Toba secara sinergis. Hal tersebut senada dengan yang disampaikan oleh  Ika Hardina Lubis, Kasubbid Ekonomi, Bidang Perencanaan Ekonomi, Kemaritiman, dan SDA, Bappeda Sumatera Utara pada saat acara ini berlangsung.

Sebagai dukungan terhadap penyusunan ITMP Danau Toba, World Bank bersama dengan Kemenko Bidang Kemaritiman telah melakukan penyusunan dokumen berjudul Developing a Roadmap for Improving Water Quality of Lake Toba Tourst Destination yang memuat salah satunya kajian terkait kualitas air. Dokumen ini dapat menjadi masukan bagi Tim Penyusun ITMP for Lake Toba dan stakeholder terkait kajian teknis seperti tata guna lahan, upaya revitalisasi dan preservasi lingkungan, hingga pemanfaatan badan air Danau Toba secara berkelanjutan.

Proses penyusunan ITMP for Lake Toba ini akan berlangsung selama 12 bulan kedepan. untuk itu forum koordinasi seperti ini masih akan terus dilaksanakan guna menghasilkan produk masterplan yang mendapat dukungan semua pihak dalam implementasinya.  (Tiara/Hen/infobpiw)

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: