Pengembangan Labuan Bajo Menjadi “Bali Baru” Terus Digenjot

Layanan Informasi BPIW     |     14 Aug 2018     |     01:08     |     1202
Pengembangan Labuan Bajo Menjadi “Bali Baru” Terus Digenjot

Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus memacu percepatan pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasonal (KSPN) Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala BPIW Kementerian PUPR, Hadi Sucahyono mengatakan, kawasan wisata yang berada di wilayah Indonesia Timur tersebut merupakan bagian KSPN prioritas untuk dikembangkan menjadi “Bali Baru”. Pengembangan terhadap Labuan Bajo tersebut diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik ke KSPN tersebut.

"KSPN Labuan Bajo pada tahun 2019 telah ditargetkan mendapat kunjungan 500 ribu wisatawan mancanegara, kendati pada tahun 2016 Labuan Bajo baru dikunjungi 26 ribu wisatawan mancanegara," ungkap Hadi saat ditemui di Kantor BPIW Kementerian PUPR, beberapa waktu lalu.

Artinya, ungkap Hadi, peningkatan prasarana dan pelayanan dasar di Labuan Bajo menjadi hal penting untuk dikembangkan. "Baik di kawasan menuju destinasi wisata maupun di kawasan dalam destinasi wisata Labuan Bajo itu sendiri," lanjutnya.

Untuk mewujudkan Labuan Bajo menjadi destinasi wisata yang digandrungi banyak wisatawan mancanegara, Hadi memastikan, Kementerian PUPR terus melakukan penanganan infrastruktur, seperti pengembangan konektivitas, pengembangan infrastruktur permukiman, pengelolaan sumber daya air serta penyediaan perumahan.

Ia mengungkapkan, untuk tahun 2018-2019 untuk pengembangan konektivitas ada sejumlah program, yakni pembangunan Jalan Akses Bandara Komodo Labuan Bajo, rehabilitasi minor Jalan Labuhan Bajo-Malwatar. “Selain itu ada juga program rehabilitasi minor Jalan Waemata, rehabilitasi minor Jalan Van Bekkum, rehabilitasi minor Jalan Yohanis Sahadun dan program lainnya,” terangnya.

Adapun untuk pengembangan infrastruktur permukiman, lanjut Hadi, ada program pengembangan permukiman perdesaan kawasan Labuan Bajo, pembangunan tempat pemrosesan akhir (TPA) sampah Kota Labuan Bajo.

“Kemudian ada pembangunan permukiman perdesaan prioritas nasional, pembangunan kawasan pariwisata Labuan Bajo, penataan bangunan Puncak Waringin, pembangunan jaringan perpipaan Sistem Pengadaan Air Minum (SPAM) Waemese untuk Labuan Bajo serta program lainnya,” tegas Hadi.

Ia menambahkan, untuk pengelolaan Sumber Daya Air (SDA) ada program pemeliharaan berkala bendung, pemeliharaan berkala sarana dan prasarana sungai, serta pemeliharaan berkala embung kecil.

“Tak hanya itu, ada juga rehabilitasi DI (Daerah Irigasi,-red) Lembor, rehabilitasi DI Nggorang, pembangunan pengaman pantai Labuan Bajo serta program lainnya,” papar Hadi.

Sedangkan, untuk penyediaan perumahan ada program permukiman umum nyaman untuk wilayah Manggarai Barat dan program lainnya.(ris/mond/InfoBPIW)

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: