Pengembangan KSPN Lombok Dilakukan Terpadu dan Komprehensif
Layanan Informasi BPIW     |     07 Aug 2018     |     11:08     |     259
Pengembangan KSPN Lombok Dilakukan Terpadu dan Komprehensif
Foto Pengembangan KSPN Lombok Dilakukan Terpadu dan Komprehensif

Guna dimulainya penyusunan Integrated Tourism Master Plan (ITMP) di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Lombok, Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar “Kick Off Meeting dalam Rangka Pembahasan Pelaksanaan Penyusunan ITMP” di Mataram, akhir Juli 2018 lalu.

“ITMP Lombok merupakan sebuah upaya perencanaan untuk mengembangkan dan pembangunan KSPN melalui pendekatan terpadu dan komprehensif untuk seluruh aspek dan sektor. Tentunya dengan melibatkan seluruh stakeholder baik di tingkat pusat maupun daerah. Kolaborasi antar pemangku kepentingan lintas sektor dan lintas tingkat pemerintahan ini diwadahi dalam bentuk kelembagaan penanganan berupa Kelompok Kerja (Pokja)”, ungkap Kepala Pusat Pengembangan Kawasan Strategis, Kuswardono saat membuka tersebut.

Kuswardono meyakini, penyusunan ITMP Lombok akan berhasil apabila ada kolaborasi dan transparansi antar pemangku kepentingan terkait pengembangan KSPN di Lombok.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Nusa Tenggara Barat, Ridwan Syah. Menurutnya, saat ini Provinsi Nusa Tenggara Barat sudah memiliki 13 Masterplan dari berbagai instansi, namun masing-masing belum terintegrasi dan belum saling terkait. “Oleh karena itu, masterplan yang sedang disusun harus memiliki tujuan dan prioritas yang jelas,” terangnya.

Di tempat yang sama, Perwakilan Bank Dunia, George Soraya mengatakan, penyusunan ITMP Lombok diharapkan dapat mengakomodir kebijakan terkait pengembangan kelembagaan, perencanaan infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia di sektor pariwisata, dan memberikan kemudahan sektor privat untuk melakukan investasi.

George juga menambahkan, rencana pengembangan 5 tahunan untuk priority key area Lombok berada di Pulau Gili,  yakni meliputi Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, Area Senggigi meliputi Kecamatan Batulayar Lombok Barat, Pemenang  dan Tanjung Lombok Utara.

Selanjutnya, ujar George, Bagian Selatan Pujut yang meliputi Praya Barat Lombok Tengah, Sekotong Lombok Barat, dan Jerowaru Lombok Timur.

Acara ini mendapat apresiasi dari para peserta yang berasal dari Pemkab Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Tengah, Pemkot Mataram, Pemprov Nusa Tenggara Barat, dan ITDC. Selain itu acara ini juga didukung aktif oleh Kementrian/Lembaga dengan kehadiran narasumber yang berasal dari Kementrian Pariwisata, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).(AyuWidya)

 

 

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: