Kementerian PUPR Realisasikan Dukung Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air

Layanan Informasi BPIW     |     30 Nov 2016     |     05:11     |     1067
Kementerian PUPR Realisasikan Dukung Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air

Kementerian PUPR mendukung Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA). Salah satu bentuk dukungannya dengan melakukan penanaman pohon secara serentak di 34 provinsi di Indonesia. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangkaian Hari Bakti PU ke-71.

Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR, Rido Matari Ichwan menjelaskan GN-KPA  memiliki tujuan untuk menciptakan keseimbangan siklus hidrologi pada Daerah Aliran Sungai (DAS) atau bendungan, sehingga keandalan sumber-sumber air dapat terwujud.

Menurutnya, Kementerian PUPR merupakan satu dari delapan kementerian yang mendukung gerakan tersebut. Ketuju Kementerian lainnya adalah Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Pertanian, Kementerian BUMN,  dan Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Keandalan air ini dilihat dari kualitas, kuantitas maupun kontinuitas airnya, ujar Rido, saat membacakan sambutan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono pada acara penanaman pohon di sekitar lahan Bendungan Teritip Desa Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Selasa (30/11).

Dikatakannya keberadaan air dalam kehidupan memiliki peran yang sangat strategis. Untuk itu perlu dilakukan berbagai upaya bersama agar siklus hidrologi dapat berlangsung dengan baik. “Diperlukan upaya nyata bersama dalam melakukan menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup,” tutur Rido.

Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan III Kaltim-Kaltara, Arief Rachman mengakui, hal yang menjadi perhatiannya bukan sekadar menanam pohon, namun juga pemeliharaan seusai tanam. “Harapannya pohon yang ditanam tersebut dapat tumbuh dengan baik, yang kelak akan memberikan banyak manfaat dalam kehidupan bersama,” terangnya.

Ia mengakui, pada momentum peringatan Hari Bakti PU ke-71 di Provinsi Kaltim total pohon yang ditanam mencapai 4.110 bibit pohon. Adapun penanamannya dilaksanakan di Kabupatan Kutai Kartanegara sebanyak 1.000 pohon, Kota Samarinda sebanyak 2.000 pohon serta Kota Balikpapan 1.110 pohon.

 

Hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Kaltim, M. Dadang Irawan yang mewakili Pemerintah Provinsi Kaltim, Wakil Walikota Balikpapan, Rakhmad Mas'ud, Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan III Kaltim-Kaltara, Arief Rachman serta unsur swasta dan masyarakat.  (ris/ini/infoBPIW)

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: