Kementerian PUPR Kembangkan Dua Metropolitan Baru Sebagai Pusat Investasi

Layanan Informasi BPIW     |     02 Nov 2016     |     02:11     |     798
Kementerian PUPR Kembangkan Dua Metropolitan Baru Sebagai Pusat Investasi

Kementerian PUPR melalui Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) tahun ini melakukan Penyusunan Rencana Pengembangan Kawasan Metropolitan Baru, yakni Palembang Raya dan Bimindo (Bitung-Minahasa-Manado). Kedua Metropolitan Baru tersebut akan dikembangkan sebagai  pusat investasi baru. 

Menurut Kepala Pusat Pengembangan Kawasan Perkotaan BPIW, Kementerian PUPR, Agusta Ersada Sinulingga pengembangan itu sejalan dengan arah kebijakan pembangunan perkotaan yang tertuang di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. 

Selain itu menurut Agusta tahun ini juga dilakukan penyusunan FS dan Pra-Desain pada Kawasan Metropolitan yakni Mebidangro (Medan, Binjai, Deliserdang dan Tanah Karo).  Jabodetabekpunjur (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak, dan Cianjur), Cekungan Bandung, dan Kedungsepur (Kota Semarang, Kabupaten Kendal, Kota Salatiga, Kabupaten Semarang, Kabupaten Demak, Kabupaten Grobogan). 

Kemudian ada Gerbangkertosusila (Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Bangkalan, dan Kota Mojokerto), Sarbagita (Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Tabanan), Mamminasata (Kota Makassar, Kabupaten Maros, Kabupaten Gowa, Kabupaten Takalar), dan Kawasan Perkotaan Yogyakarta. 

“Kita tahun ini melakukan review masterplan dan development plan. Selanjutnya pada tahun depan kita akan melakukan penyusunan studi kelayakan dan Pra Desain Kawasan Kota Tua Semarang,” ungkap Agusta. 

Tahun 2017 tersebut juga akan dilakukan Penyusunan Rencana Pengembangan Kawasan Metropolitan Baru yakni Kota Banjarmasin, Banjar, dan Barito Kuala di WPS Palangkaraya, Banjarmasin, dan Batulicin. Hen/infobpiw

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: