Kementerian PUPR Ikut Serta Meriahkan Pameran Sail Selat Karimata 2016

Layanan Informasi BPIW     |     14 Oct 2016     |     08:10     |     1431
Kementerian PUPR Ikut Serta Meriahkan Pameran Sail Selat Karimata 2016

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turut berpartisipasi dalam Sail Selat Karimata 2016 di Pantai Pulau Datok, Sukadana, Kalimantan Barat pada tanggal 12-15 Oktober 2016.

 

Pada acara yang berlangsung empat hari ini, Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) bersama Direktorat Cipta Karya menjadi perwakilan Kementerian PUPR dalam pameran Sail Selat Karimata 2016.

 

Dalam acara pameran yang diisi oleh 120 stand ini, BPIW menampilkan beberapa panel yang mencakup tentang Wilayah Pengembangan Strategis (WPS), Rencana Strategis (Renstra) Kementerian PUPR tahun 2015-2019, master plan dan development plan pengembangan WPS 20 (Ketapang - Pontianak - Singkawang - Sambas), rencana pembangunan Kawasan Perkotaan Tanjung Selor beserta program utamanya di tahun 2017, rencana pembangunan kawasan perkotaan Pontianak dan sekitarnya, serta dukungan PUPR terhadap rencana pengembangan Kota Terpadu Mandiri (KTM) Gerbang Kayong.

 

Pada acara pembukaan Sail Selat Karimata 2016, Staf Ahli Menteri Kelautan dan Perikanan, Ario Hanggono, mengatakan bahwa Kabupaten Kayong Utara diharapkan akan menjadi destinasi wisata baru. 

 

"Kementerian Kelautan dan Perikanan akan terus melakukan koordinasi dengan kementerian terkait dalam pengembangan Kayong Utara, khususnya pada bagian infrasturkturnya," tutur Ario.

 

Ario menambahkan, Sail Selat Karimata 2016 merupakan ajang untuk meningkatkan dan melaksanakan pembangunan pembangunan pesisir kelautan sekaligus sebagai langkah strategis untuk mengembangkan wilayah dan mengembangkan produk di daerah yang akan mampu bersaing secara global. 

 

Rencananya Presiden Jokowi akan meresmikan Festival Sail Selat Karimata pada Hari Sabtu, 15 Oktober 2016 yang turut dihadiri pula olleh Gubernur Kalbar, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Menteri Kelautan dan Perikanan, Bupati dan Wakil Bupati Kayong Utara, serta pejabat Pemerintah Daerah, perwakilan dari Kementerian dan lembaga terkait.

 

Salah satu agenda Presiden Jokowi pada Sail Selat Karimata 2016 ini adalah penanaman tanaman unggulan daerah seperti Jeruk Pontianak dam Durian Sukadana serta meresmikan Masjid Oesman Al-Khair di kawasan pantai Pulau Datok, Desa Sutera, Kecamatan Sukadana. (INI/InfoBPIW)

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: