BPIW Adakan Lomba Cipta Lagu Infrastruktur

Layanan Informasi BPIW     |     21 Nov 2016     |     09:11     |     1131
BPIW Adakan Lomba Cipta Lagu Infrastruktur

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan ruang berekspresi bagi masyarakat untuk menuangkan syair dan lagu yang bertemakan pembangunan infrastruktur PUPR. “Kementerian PUPR melalui Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) dalam rangka Hari Bakti PUPR ke-71, menggelar Lomba Cipta Lagu Infrastruktur untuk umum,” ungkap Kepala Bagian Hukum,  Kerja Sama dan Layanan Informasi Sekretariat BPIW, Kementerian PUPR, P. Yudhantoro pada jumpa pers dan dialog teknis Lomba Cipta Lagu Infrastruktur PUPR yang mengusung tema " Dibangun, Dirawat, Dilestarikan untuk Kesejahteraan Rakyat,” (17/11) di Jakarta.

Menurutnya, diselenggarakannya lomba cipta lagu infrastruktur PUPR bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan apresiasi masyarakat serta aparatur sipil negara, agar terlibat dalam pembangunan infrastruktur dengan bersama-sama untuk menjaga, merawat dan melestarikan pembangunan infrastruktur.

Semangat melestarikan pembangunan infrastruktur bersinergi, lanjutnya, sesuai dengan motto Kementerian PUPR yaitu “Bekerja Keras, Bergerak Cepat, dan Bertindak Tepat Serta Kreatif, Inovatif dan Berjiwa Seni”. “Memang Motto inilah yang selalu dikedepankan oleh Bapak Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono,” terangnya.

 Untuk penjabaran tema tersebut, tambahnya, bisa dijabarkan lagi melalui sub tema diantaranya, Pembangunan Jalan, Pembangunan Jembatan, Pembangunan Bendungan, Pembangunan Irigasi, Pendayaan Sungai, Pembangunan Perumahan, Penataan Kota dan Ruang terbuka Hijau, Keterpaduan Pembangunan Infrastruktur.

Untuk Juri lomba ini melibatkan para praktisi bidang musik dan merupakan pemerhati perkembangan pembangunan infrastruktur, yakni Tony Q. Rastafara dan Amir Roez.


Sebagai Informasi, Syarat dan Ketentuan Lomba Sebagai Berikut:

  1. Peserta dalam lomba cipta lagu ini terbuka untuk umum (masyarakat dan aparatur sipil  negara) yang ada diseluruh Indonesia
  2. Peserta lomba boleh mengirimkan lebih dari 1(satu) karya dengan lagu dan tema syair yang berbeda..
  3. Lirik lagu yang diikutsertakan dalam lomba harus berbahasa Indonesia.
  4. Syair dan lagu yang dikirimkan adalah orisinil, bukan plagiat dan bukan saduran.
  5. Peserta wajib melampirkan foto copy identitas diri (KTP/SIM/Kartu Mahasiswa/KartuPelajar).
  6. Peserta wajib melampirkan formulir pendaftaran yang dapat didownload http://www.mediafire.com/file/56tgz4618rg7nb3/FORMULIR_LOMBA_CIPTA_LAGU_INFRASTRUKTUR_2016docx
  7. Rekaman lagu harus dinyanyikan, boleh dengan iringan satu alat musik atau lebih.
  8. Durasi lagu maksimal 5 menit, dan berformat .mp3 maksimal size 5 MB
  9. Karya syair dan lagu dapat dikirimkan secara online melalui email, ke : lcli.pupr@pu.go.id atau dapat diserahkan dalam bentuk fisik (CD/Flasdisk), didalamnya juga terdapat lirik lagu (format ms.word) dikirim dengan label : KEPADA Panitia LCLI PUPR Gedung BPIW, Blok G Lantai. Dasar, Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. kodepos 12110
  10. Syair lagu yang diikutsertakan dalam lomba cipta lagu tidak mengandung unsur sara.
  11. Lagu juga belum pernah dipublikasikan atau menang dalam kegiatan sejenis lainnya.
  12. Karya lagu yang diikutsertakan harus sesuai dengan tema lomba.
  13. Karya yang diikut sertakan dalam lomba harus memuat pesan semangat untuk membangun, merawat, menjaga, melestarikan dan memanfaatkan dengan baik pembangunan Infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
  14. Karya harus mampu mengispirasi serta menggugah orang lain, baik secara pikiran, perasaan maupun perilaku umum.
  15. Karya yang dikirimkan menjadi milik panitia dan tidak dikembalikan lagi kepada peserta.
  16. Panitia berhak secara penuh mengarasemen ulang, menggunakan, memproduksi, memperbanyak, dan mendistribusikan hasil karya 8 (delapan) pemenang lomba secara Cuma-Cuma kepada siapapun atau dinyanyikan dalam acara seremonial.
  17. Panitia tidak bertanggung jawab atas kehilangan, kerusakan karya dan berkas yang dikirim dari peserta.
  18. Pengiriman karya lomba cipta lagu tahun 2016 dari kementrian ini tidak boleh melebihi deadline pendaftaran, yakni pada tanggal 30 November 2016.
  19. Pendaftaran dalam lomba cipta lagu ini juga gratis.
  20. Keputusan dewan juri tidak dapat dianggu gugat.

Sementara untuk hadiah lomba bagi para pemenang dalam Lomba Cipta Lagu dari Kementrian PUPR totalnya adalah Rp.40.000.000,00. Untuk rinciannya adalah sebagai berikut:

  1. 8 (Delapan) karya terbaik yang mewakili tema syair mendapatkan hadiah senilai @Rp 4.000.000
  2. 4 (Empat) karya favorit mendapatkan hadiah senilai @Rp 2.000.000. (iwn/BPIW)
Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: