Kapasitas Meningkat, Jalan Tol Siap Digunakan Saat Mudik Lebaran

Layanan Informasi BPIW     |     20 May 2016     |     07:05     |     779
Kapasitas Meningkat, Jalan Tol Siap Digunakan Saat Mudik Lebaran

Pemudik Lebaran Idul Fitri pada tahun ini dipastikan akan mendapatkan kenyamanan saat melalui beberapa jalan, terutama jalan tol, karena terjadi peningkatan kapasitas yang cukup signifikan, sehingga siap untuk digunakan. Hal ini terjadi, karena Kementerian PUPR telah melakukan perbaikan dan pembangunan infrastruktur jalan tol tersebut, jauh sebelum musim mudik lebaran tiba.

 

Demikian disampaikan Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW), Kementerian PUPR Hermanto Dardak  saat berbicara pada acara pelepasan tim ekspedisi arus mudik/balik lebaran RRI di Halaman Depan LPP RII, Jakarta, Kamis (19/5).

 

Lebih lanjut Dardak menjelaskan kondisi jalan dan pendukung lainnya yang semakin baik ini terutama jalan tol yang ada di bagian Utara dan Selatan Pulau Jawa, sebagian Provinsi Banten, Jawa Tengah dan Jawa Timur.  “Infrastruktur jalan akan lebih baik dari tahun lalu, maka akan meningkatkan kualitas lebaran tahun ini, dan kami berharap masyarakat akan mudik dengan menyenangkan dan menambah produktivitas untuk menjalankan hari-hari setelah lebaran,” tutur Dardak.

 

Dardak juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya untuk Tim Ekspedisi RRI, karena sebagai ujung tombak informasi masyarakat selama mudik lebaran nanti. “Jika ada hal-hal dibutuhkan dari segi informasi infrastruktur di lokasi yang dikunjungi terkait jalan PUPR, kami bisa dihubungi. Kami juga sudah sediakan peta yang dilengkapi alamat PUPR yang dapat dihubungi selama peliputan,” ujar Dardak.

 

Plt. Dirut LPP RRI Rohanuddin menyampaikan bahwa Tim Ekspedisi Liputan Lebaran 2016 RRI ini akan meliput lintasan arus mudik jalur Jawa-Lintas Utara. Nantinya, akan ada dua tim ekspedisi yang akan mendokumentasikan jalan alternatif, kondisi jalan, jembatan dan termasuk infrastruktur penerangan yang dilalui pada arus mudik dan arus balik lebaran. Selain itu tim ini juga mendata kesiapan fasilitas umum,  meliputi tempat istirahat, toilet umum, POM bensin, bengkel, rumah sakit, dan fasilitas penunjang lainnya.

 

Mabes Polri melalui Kabiro Penerangan Masyarakat, Brigjen Pol. Agus Rianto juga memberikan apresiasi kepada LPP RRI yang mengadakan peliputan ekspedisi lebaran tahun 2016.  Agus memastikan Mabes Polri siap bekerjasama dan memberikan informasi kepada Tim dari RRI tersebut. “Kami persilakan bagi tim peliputan untuk bekerjasama dan menanyakan informasi mengenai lalu lintas, keamanan, persiapan arus mudik, dan arus balik ke Polres maupun Polsek setempat. Kami siap membantu,” ucap Agus.

 

Tim ekspedisi jalur lintas utara dan jalur lintas selatan dilepas dan berangkat bersama-sama dan start dari halaman depan RRI dan dilepas Plt. Dirut LPP RRI Rohanuddin. Turut melepas tim tersebut,  Kabiro Penerangan Umum Mabes Polri, Brigjen Pol. Agus Rianto, Direktur Angkutan Lalu Lintas Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Eddy Gunawan dan Kepala BPIW Kementerian PUPR, Hermanto Dardak. Tim ekspedisi nantinya akan melalui wilayah Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan dan kembali ke arah Tegal, Slawi, Bumi Ayu, Ajibarang dan Purwokerto. (INI/InfoBPIW)

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: