Infrastruktur Tingkatkan Pertahanan dan Keamanan Nasional

Layanan Informasi BPIW     |     04 Jul 2017     |     04:07     |     3049
Infrastruktur Tingkatkan Pertahanan dan Keamanan Nasional

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turut meningkatkan pertahanan dan keamanan nasional melalui pengembangan infrastruktur PUPR. 

Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR, Rido Matari Ichwan mengatakan, infrastruktur merupakan aspek strategis dalam peningkatan pertahanan dan keamanan nasional. Salah satunya dengan mengikat seluruh wilayah Indonesia dengan infrastruktur yang terintegrasi, komprehensif dan holistik

“Saat ini Kementerian PUPR telah memberikan berbagai dukungan untuk meningkatkan pertahanan dan keamanan nasional diantaranya, melalui penanganan kawasan perbatan melalui pembangunan dan perbaikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN), pembangunan dan perbaikan jalan kawasan perbatasan serta peningkatan infrastruktur permukiman di kawasan perbatasan,” ungkap Rido saat menyampaikan “Peran Infrastruktur PUPR Mendukung Pertahanan dan Keamanan Nasional” di Kementerian Pertahanan dan Keamanan RI, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, infrastruktur PUPR di tanah air telah menciptakan konektivitas, ketahanan pangan dan air, keterpaduan antar wilayah, keterpaduan antar tingkatan pemerintah, keterpaduan antar sektor.

Sementara itu, Rido mengakui, saat ini pada umumnya kondisi infrastruktur dasar termasuk jalan dan infrastruktur permukiman di kawasan perbatasan relatif kurang memadai. "Hal ini tentunya menjadi pekerjaan rumah yang tengah diselesaikan oleh Kementerian PUPR," jelasnya.

Dalam menyelenggarakan peningkatan infrastruktur PUPR, lanjutnya, Kementerian PUPR menggunakan pendekatan kewilayahan untuk mencapai efisiensi penyediaan infrastruktur PUPR. (lisa/infoBPIW)

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: