BPIW Lakukan Review Renstra Kementerian PUPR 2015-2019

Oleh: Layanan Informasi BPIW Rabu, 21 April 2017    |    01:04

Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan review Rencana Strategis (Renstra) Kementerian PUPR 2015-2019.

Kepala BPIW yang juga selaku Ketua Tim Pengarah Review Renstra, Rido Matari Ichwan mengatakan, perkembangan dinamika yang ada saat ini mendorong untuk melakukan review terhadap Renstra Kementerian PUPR 2015-2019.

"Tujuan agar keberadaan Renstra Kementerian PUPR dapat menjadi arah kebijakan program, kegiatan serta pendanaan yang efektif, dan mampu merespon dinamika pembangunan yang ada," papar Rido saat menyampaikan arahan kebijakan dalam Kick Off Meeting Midterm Review Renstra PUPR di Jakarta, Kamis (20/4).

Rido menerangkan, sejumlah perkembangan dinamika yang mengalami perubahan, antara lain lingkungan strategis, isu strategis serta kinerja 2015–2016 dan asumsi pendanaan.

"Untuk lingkungan strategis, misalnya ada perubahan arah kebijakan terkait prioritas nasional yang tercantum dalam Perpres No. 3 Tahun 2016, PP No. 13 Tahun 2017, Direktif Presiden dan lainnya," terangnya.

Selain itu, ada juga aturan PMK No.136 Tahun 2014 tentang Petunjuk Penyusunan dan Penelaahan RKAK/L (ADIK) serta PermenPAN dan RB No. 12 Tahun 2015 tentang Pedoman Evaluasi atas Implementasi SAKIP turunan Perpres  No. 29 Tahun 2014. 

Rido mengatakan, dari dinamika isu strategis muncul dorongan agar ada penataan kelembagaan, mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. "Termasuk penyesuaian terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, kerangka regulasi serta isu kesetaraan gender," terangnya.

Kemudian, ungkap Rido, dari dinamika kinerja 2015–2016 dan asumsi pendanaan diperlukan berbagai penyesuaian-penyesuaian. Seperti pada target dan realisasi kinerja, target dan realisasi pendanaan, kendala dan permasalahan realisasi investasi infrastruktur PUPR 2015 dan 2017, realisasi  investasi infrastruktur PUPR 2015 dan 2016 serta proyeksi kebutuhan investasi infrastruktur PUPR 2017, 2018, dan 2019.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR yang juga Wakil Ketua Tim Pengarah Review Renstra, Prof. Anita Firmanti mengatakan, kegiatan review Renstra PUPR memiliki posisi strategis dalam arah Kementerian PUPR ke depan. Sehingga, kegiatan tersebut diharapkan dapat melahirkan Renstra PUPR yang efektif dan mampu merespon dinamika pembangunan.

Anita berharap, kerja keras BPIW yang didukung unor di lingkungan Kementerian PUPR akan mampu menjawab tantangan untuk melahirkan Renstra PUPR yang terjamin efektifitasnya dan mampu merespon dinamika pembangunan.

Kegiatan Kick Off Meeting Review Renstra PUPR ini dihadiri seluruh perwakilan unor di lingkungan Kementerian PUPR. Pada Juli mendatang ditargetkan telah lahir Midterm review Renstra PUPR 2015-2019. (ris/infoPUPR)

Tinggalkan komentar

Berita Lainnya

World Bank Siap Duku...

Selama ini wisata Indonesia selalu identik denga...

BPIW Dorong Pemprov ...

  Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah...

Kementerian PUPR dan...

  Badan Pengembangan Infrastuktur Wilayah ...