BPIW Koordinasikan Pengembangan Kota Baru Maja

Layanan Informasi BPIW     |     11 Mar 2016     |     06:03     |     1133
BPIW Koordinasikan Pengembangan Kota Baru Maja

Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten akan dijadikan kota baru. Kota baru Maja ini merupakan satu dari  10  kota baru publik yang ditetapkan sebagai kota mandiri dan terpadu. Terkait hal itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) melakukan rapat koordinasi dengan beberapa pihak, seperti Badan Perencanaan Pembangunan Derah (Bappeda) Bogor, dan perwakilan dari Bappeda Kabupaten Lebak, Tbk, serta satminkal terkait,  di Gedung BPIW Kementerian PUPR, Kamis (10/3).

Dalam rapat ini juga dibahas mengenai rencana Memorandum of Understanding atau MoU antara Kementerian PUPR dan pemangku kepentingan terkait pengembangan 10 kota baru tersebut. Langkah yang dilakukan ini merupakan pelaksanaan RPJMN Tahun 2015-2019 mengenai pengembangan kota baru yang diharapkan dapat mendukung program sejuta rumah.

Saat memimpin rapat itu, Kepala BPIW Kementerian PUPR, Hermanto Dardak mengatakan bahwa nantinya proyek ini memadukan jalan eksisting dengan jalan yang sama sekali belum ada. Tujuannya untuk membuka akses menuju kota baru tersebut. Diharapkan nantinya ada perpaduan jalan nasional dengan jalur kereta api, agar terdapat alternatif transportasi bagi masyarakat.

Kepala Pusat Pengembangan Kawasan Perkotaan BPIW Kementerian PUPR, Kuswardono menambahkan persiapan Maja sebagai kota baru sudah cukup matang. Terbukti, dengan telah disiapkannya masterplan kota baru tersebut. Sebelumnya juga telah dilakukan tinjauan ke lapangan.  Masterplan sudah disusun dari beberapa waktu lalu, dan kita berkolaborasi dengan Cipta Karya,” ujar Kuswardono

Dalam paparannya, Kepala Subdirektorat Keterpaduan Perencanaan dan Sistem Jaringan, Direktorat Pengembangan Jaringan Jalan, Dirjen Bina Marga, Triono Junoasmono mengatakan direncanakan akan dibangun jalan yang menghubungkan jalan Tol Jakarta-Serpong dengan Kota Baru Maja.

Rapat ini juga membagi tugas dari masing-masing kegiatan seperti terkait pembebasan lahan, pelebaran jalan, serta faktor-faktor pendukung lainnya. Hal ini dilakukan  agar proyek ini terlaksana dengan baik. Masing-masing pihak juga sepakat mendukung serta memberikan kontribusi nyata demi terlaksananya pengembangan kota baru tersebut. (Nina/InfoBPIW)

 

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: