BPIW Gelar Rapat Bahas Pengembangan Kotabaru Maja

Layanan Informasi BPIW     |     13 Apr 2016     |     12:04     |     851
BPIW Gelar Rapat Bahas Pengembangan Kotabaru Maja

Kecamatan Maja yang berada di Kabupaten Lebak Provinsi Banten, direncanakan akan dikembangkan menjadi kotabaru publik. Untuk itu, Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) melakukan rapat koordinasi dengan beberapa pihak, di Jakarta Selatan, Selasa (12/4).

Saat membuka rapat tersebut, Kepala Pusat Pengembangan Kawasan Perkotaan BPIW Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kuswardono menjelaskan dalam rapat ini dibahas dua hal yakni trase Jalan Pamulang-Setu-Parung Panjang-Maja, dan pembahasan draft kesepakatan bersama para pihak terkait.

Maja merupakan satu dari 10 kota baru publik yang mandiri dan terpadu sebagaimana tercantum dalam RPJMN 2015-2019. Pengembangan kota baru publik ini sekaligus mendukung program sejuta rumah. “Maja ini akan dilakukan untuk pembangunan jalan nasional, sebagai upaya kita mendorong pembangunan rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah atau MBR. Jadi output yang kita harapkan itu adalah pembangunan rumah MBR bersubsidi. Kebetulan ada juga inisitatif dari pihak swasta yang membangun rumah dan jalan,” ungkapnya.

Selain membahas hasil survei konsultan penilaian alternatif pengembangan trase dalam rapat tersebut juga dibahas draft kesepakatan bersama para pihak terkait pengembangan Maja sebagai kota baru tersebut.

“Disini kita bahas juga draft kesepakatan yang akan disampaikan ke masing-masing Biro Hukum, kita berharap tidak terlalu lama dibahas. Kemudian kita membahas kepastian dari pemerintah daerah terkait kawasan yang akan dijadikan rumah MBR bersubsidi, karena yang memastikan pembangunan rumah untuk MBR itu adalah pemerintah daerah,” ungkapnya.

Beberapa pihak yang hadir dari rapat tersebut selain perwakilan dari Satminkal di lingkungan Kementerian PUPR juga dihadiri oleh Pemerintah daerah, dan pihak swasta. Sementara dari pemerintah daerah yang hadir perwakilan dari Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Provinsi  Jawa Barat, Kabupaten Lebak,  Kabupaten Tangerang, dan Kabupaten Bogor.  Beberapa pengembangan dari swasta dan pemerintah juga turut hadir dalam pertemuan tersebut. Hen/infobpiw

 

Bagikan / Cetak:

Berita Terkait: